Yakin Akbar Berpeluang Besar Dampingi Jokowi

Yakin Akbar Berpeluang Besar Dampingi Jokowi
Yakin Akbar Berpeluang Besar Dampingi Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung dianggap figur calon wakil presiden (cawapres) paling potensial untuk mendampingi capres PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi).

Selain memiliki pengalaman panjang dalam organisasi, Akbar juga dinilai memiliki jam terbang di pemerintahan dan di partai, dibanding tokoh lain yang selama ini disebut termasuk Jusuf Kalla.

Penilaian tersebut dikemukakan pengamat politik DR Salim Said, menjawab pertanyaan siapa tokoh yang paling cocok untuk  mendampingi Jokowi.

"Jokowi juga memerlukan wapres yang mempunyai pengalaman berpolitik dan pengalaman pemerintahan yang cukup lama. Akbar Tandjung memiliki semua itu" kata Salim, di Jakarta, Senin (17/3).

Dijelaskan Salim, Ketua umum PDIP Megawati masih sangat menentukan siapa yang dianggap cocok mendampingi Jokowi. Megawati juga pasti ingin Jokowi sukses dalam memimpin pemerintahan lima tahun ke depan dan karenanya perlu pendamping yang mampu bekerjasama dengan baik.

"Saya memperkirakan Ibu Mega akan memilih tokoh dari partai besar yang kemungkinan adalah Golkar. Sehingga PDIP dan Golkar menjalin koalisi yang kuat. Jika PDIP menang pemilu dan Golkar nomor dua, maka Mega akan memilih wapres untuk Jokowi dari Golkar. Nah, di Golkar tinggal dua tokoh potensial yaitu Akbar Tandjung dan Jusuf Kalla, sebab, Aburizal Bakrie tidak mungkin jadi cawapres," ujar Salim Said.

Salim menilai, peluang Akbar lebih besar ketimbang Jusuf Kalla dalam persaingan merebut posisi cawapres Jokowi. Akbar pernah menjadi Ketua Umum HMI, pendiri KNPI, menjadi Ketua DPR, dan juga Ketua umum Partai Golkar serta mengubah Golkar menjadi partai dengan paradigma baru.

Sebab, secara psikologi lanjutnya, Akbar dan Megawati lebih dekat dan pernah menjalin kerjsama dalam Koalisi Kebangsaan tahun 2004. Sedangkan Jusuf Kalla dan Akbar meski keduanya dari luar Jawa, pengalaman Akbar dalam politik sangat lama. Jusuf Kalla baru muncul sebagai tokoh politik setelah menjadi wapres saat presidennya Susilo Bambang Yudhoyono. Belum lagi usia Jusuf Kalla yang jauh lebih tua dibandingkan Akbar.

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Akbar Tandjung dianggap figur calon wakil presiden (cawapres) paling potensial untuk mendampingi capres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News