Yakinlah, Amien Rais Tetap Kritis Meskipun Bertemu Jokowi

Yakinlah, Amien Rais Tetap Kritis Meskipun Bertemu Jokowi
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais merespons positif upaya untuk mempertemukannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, pertemuan Amien dengan Presiden Jokowi merupakan upaya membangun silaturahmi.

Hanya saja, Yoga memastikan jika pertemuan itu terealisasi, Amien tak akan mengurangi sikap kritisnya terhadap penguasa. “Saya rasa Pak Amien tetap akan bersikap kritis terhadap  kekuasaan, siapa pun para penguasa itu," jelas Viva di gedung DPR, Jakarta, Senin (4/6).

Menurut dia, rekam jejak Amien dari dulu dikenal selalu pengin menyuarakan masyarakat sipil sebagai salah satu kekuatan kontrol. ”Bahwa kehidupan demokrasi harus ada check and balances yang nanti dapat meningkatkan kualitas demokrasi," kata Viva.

Legislator PAN itu menambahkan, jika checks and balances tidak disertai kritik, maka nanti akan bisa merugikan kehidupan demokrasi. Namun, Viva tetap meyakini Amien bersikap terbuka merespon upaya untuk mempertemukannya dengan Presiden Jokowi.

"Karena dengan pertemuan itu minimal ada proses diskusi, persamaan pandangan, pemikiran dalam proses berbangsa dan bernegara serta segala sesuatu yang berkaitan dengan perkembangan nasional,"  katanya.

Soal lokasi pertemuan, tambah Viva, ketua umum pertama di PAN itu menginginkan tempat yang penuh suasana kekeluargaan dan silahturahmi. Namun, Viva menyarankan Amien agar tidak datang ke Istana Negara. 

"Kalau ke istana nanti ditafsirkan macam-macam. Ini bulan puasa, kalau orang berburuk sangka dan berpikir negarif kan dosa," jelasnya. 

Selain itu, Viva meyakini pertemuan Amien dengan Presiden Jokowi bakal sangat cair. "Karena ini kan sesama orang Solo, dengan bahasa-bahasa orang Solo kan akan selesai," ujarnya.(boy/jpnn)


Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan, rencana mempertemukan Amien Rais dengan Presiden Jokowi jika terealisasi akan menjadi hal positif.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News