Yamaha MT-09 2021 Akan Gendong Mesin Anyar

Yamaha MT-09 2021 Akan Gendong Mesin Anyar
Yamaha MT-09. Foto: Paultan

jpnn.com - Yamaha Motors diam-diam mempersiapkan MT-09 versi terbaru yang akan diluncurkan pada tahun depan.

Motor sport berjenis naked itu diduga akan menggendong mesin anyar dan sudah sesuai standar emisi Euro 5.

Dikutip dari laman Paultan, Sabtu (26/9), Yamaha MT-09 terbaru berstandar emisi Euro 5 itu diketahui setelah terungkap dokumen persetujuan yang dilakukan Yamaha kepada Deutsche Kraftfahrt-Bundesamt (KBA), atau Otoritas Transportasi Motor Federal Jerman.

Yamaha melakukan pembaruan pada salah satu modelnya bukan tanpa alasan. Pemberlakuan peraturan Euro 5 di Jerman mulai Januari 2021 mendesak para produsen sepeda motor harus berbenah diri.

Dengan standar baru itu, Yamaha MT-09 akan mendapatkan sedikit peningkatan dimensi mesin untuk memastikan emisi dan suara yang dihasilkan sesuai aturan kendaraan bermotor di Jerman.

Dari dokumen yang diserahkan ke KBA, Yamaha MT-09 menggunakan kode MTN890D, mengindikasikan adanya peningkatan ukuran mesin menjadi 890 cc.

Artrinya ada peningkatan dari MT-09 saat ini yang memiliki mesin 847 cc dengan kode MTN850.

Kendati begitu, Yamaha kemungkinan besar juga akan melakukan peningkatan mesin serupa pada model lain di katalog Yamaha untuk mesin tiga silinder segaris, seperti Yamaha Tracer dan Tracer GT, XSR 900 dan Yamaha Niken (roda tiga).

peraturan pengetatan standar emisi euro 5 di Eropa mendorong produsen sepeda motor berbenah diri, termasuk Yamaha dengan rencananya pada model MT-09 MY2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News