Yan Permenas Sebut Masyarakat Papua Dukung Penuh DOB

Yan Permenas Sebut Masyarakat Papua Dukung Penuh DOB
Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi l DPR Yan Permenas Mandenas menyebut saat ini seluruh masyarakat setuju dengan adanya daerah otonomi baru (DOB) di Papua Barat. 

"Seperti wilayah adat Sarere dan kemudian Anim Ha. Papua bagian selatan itu masyarakatnya mendukung semua 100 persen," ujar Yan dalam siaran persnya, Kamis (9/6).

Menurut Yan, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan warga asli Papua Barat. Yan menilai yang tidak setuju dengan DOB hanyalah dari kelompok-kelompok tertentu. 

"Kalau Majelis Rakyat Papua (MRP) mereka terpecah jadi dua, ada yang mndukung dan menolak, tetapi kalau Papua Barat mereka mendukung penuh," kata dia. 

"Dan saya perlu ingatkan MRP lahir karena adanya UU Otonomi Khusus. Jadi, MRP tidak punya hak melakukan uji materi di MK," tambahnya.

Politikus dari Partai Gerindra ini mengatakan jumlah penduduk Papua tidak terlalu banyak. Sehingga dengan adanya DOB, warga asli Papua tak akan tersisih di wilayahnya sendiri.

“Kembali ke pemerintah pusat dan daerah untuk bisa membuat regulasi yang memproteksi, sehingga memberikan hak sepenuhnya untuk orang asli Papua mengakses lapangan pekerjaan,” kata dia.

Yan menekankan adanya DOB ini bukan semata-mata harus disahkan sebelum Pemilu 2024. Namun, harapannya agar ditetapkan sebagai UU pada tahun ini.

Anggota Komisi I DPR Yan Permenas menyebut masyarakat Papua mendukung penuh pelaksanaan DOB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News