Yandri Susanto Berharap Pengurus Kesti TTKKDH Dapat Membawa Budaya Tjimande Mendunia

Yandri Susanto Berharap Pengurus Kesti TTKKDH Dapat Membawa Budaya Tjimande Mendunia
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto saat menyampaikan sambutan pada acara pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah DPW Kesti TTKKDH Provinsi Banten di Hotel Horison Ultima, Serang, Minggu (30/7). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, SERANG - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto mengapresiasi konsistensi pengurus Kebudayaan Seni Silat dan Tari Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (Kesti TTKKDH) dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal di tengah maraknya infiltrasi budaya asing.

Menurut Yandri, memiliki anggota sebanyak 6 juta orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia bahkan sampai ke mancanegara membuktikan organisasi ini berhasil melestarikan kebudayaan asli Banten tersebut di tengah-tengah masyarakat.

"Kesti TTKKDH sangat konsisten menjaga dan melestarikan budaya Tjimande kepada masyarakat di tengah maraknya pengaruh budaya asing ke Indonesia," puji Yandri saat menghadiri acara pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah DPW Kesti TTKKDH Provinsi Banten di Hotel Horison Ultima, Serang, Minggu (30/7).

Yandri menyampaikan dalam Pasal 32 UUD 1945 disebutkan bahwa negara memajukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.

Dia menilai pengurus Kesti TTKKDH sudah melaksanakan amanat konstitusi tersebut dengan turut serta menjaga dan melestarikan budaya lokal Tjimande serta memperkenalkannya ke berbagai wilayah Indonesia serta mancanegara.

"Saya berharap Kesti TTKKDH dapat membawa budaya Tjimande mendunia, dan dengan anggota yang tersebar sampai ke mancanegara, budaya asli Banten ini dapat diperkenalkan ke negara-negara lain," harap Yandri.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan pembentukan karakter, budi pekerti dan disiplin juga ditanamkan bagi para anggota Kesti TTKKDH.

"Karena kedisiplinan menjadi dasar bagi para anggota untuk belajar seni silat Tjimande yang diwariskan secara turun temurun," ujar anggota DPR asal Dapil Banten II ini.

Wakil Ketua MPR Yandri Susanti menaruh harapan besar kepada pengurus Kesti TTKKDH dapat membawa budaya asli Banten, yakni Tjimande mendunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News