Yang Mau Mudik ke Lampung, Gak Perlu Lewat Pelabuhan Merak-Bakauheni

Yang Mau Mudik ke Lampung, Gak Perlu Lewat Pelabuhan Merak-Bakauheni
Pelabuhan Merak. Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - LAMPUNG - Memasuki masa Angkutan Lebaran 2016, para pemudik dari Jakarta yang akan menuju Lampung atau sebaliknya, kini memiliki alternatif baru. Para pemudik nantinya tak perlu harus melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni, yang setiap tahun macet.

Saat ini para pemudik sudah bisa memilih jalur lain, yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Panjang Lampung (PP).

Hal itu menyusul, pengoperasian pelayaran perdana dari pelabuhan Panjang Lampung – Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta telah diluncurkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono, hari ini, Rabu (22/6).  

"Rute Panjang-Tanjung Priok dioperasikan oleh PT Atosim Lampung Pelayaran, yang akan dilayani oleh tiga kapal RoRo, yaitu KM. Mutiara Sentosa II, KM. Mutiara Sentosa III dan KM. Mutiara Timur I, dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 8 jam," ujar Tonny dalam siaran persnya, Rabu (22/6).

Dalam sambutannya, Tonny mengatakan, pengoperasian kapal RoRo dilakukan untuk mensukseskan program Tol Laut dan Short Sea Shipping pemerintah, yang diharapkan mampu menjadi solusi dalam menangani kepadatan jalur transportasi darat, khususnya di Pantura dan lintas timur Sumatera.

"Sehingga bisa menekan waktu perjalanan dan efisiensi biaya, menurunkan biaya logistik, serta mengurangi beban jalan raya yang semakin tinggi," tutur Tonny.

Pembukaan rute baru ini disambut baik oleh para pengusaha dan masyarakat pengguna jasa transportasi. Sebab, masyarakat bisa berpergian dengan nyaman dan aman karena kapal dalam kondisi bagus dan laik operasi. Serta bisa terhindar dari kemacetan dan kepadatan di lintas penyeberangan Merak-Bakauhueni. (chi/jpnn)

 

LAMPUNG - Memasuki masa Angkutan Lebaran 2016, para pemudik dari Jakarta yang akan menuju Lampung atau sebaliknya, kini memiliki alternatif baru.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News