Yenny Wahid: Gagasan Gus Dur Harus Terus Dikembangkan

Yenny Wahid: Gagasan Gus Dur Harus Terus Dikembangkan
Yenny Wahid dan Jokowi. Foto: ist for JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Yenny Wahid terkesima saat ribuan masyarakat memenuhi haul Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Sabtu malam (7/1).

“Hadirnya ribuan jemaah dari berbagai daerah dalam haul Gus Dur ini membuktikan bahwa masyarakat masih mencintai dan merindukan sosok Gus Dur, yang  konsisten selalu berpihak pada kaum lemah dan pembelaan pada minoritas,” kata putri kedua presiden keempat Indonesia tersebut.

Menurut Direktur The Wahid Institute itu, aktualisasi ajaran Gus Dur memiliki arti sangat penting bagi bangsa dan negara.

Terutama di tengah situasi kehidupan berbangsa yang terpecah belah karena faktor SARA, menguatnya sikap intoleransi dalam beragama, kehinekaan yang mulai terusik, NKRI yang terancam karena radikalisasi faham keagamaan serta saling fitnah dan hujat berlatar perbedaan pandangan politik.

“Itu sebabnya, pemikiran dan gagasan besar Gus Dur tentang humanisme dan pluralisme perlu untuk terus dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa," lanjut Yenny.

Pemikiran Gus Dur, menurut Yenny, juga telah disampaikan Presiden Jokowi dalam haul di Ciganjur, akhir Desember lalu.

Ketika itu, Jokowi mengatakan, Gus Dur selalu menjadi inspirasi bagi masyarakat dunia bahwa Islam mengajarkan hidup dalam persaudaraan dan perdamaian.

“Presiden Jokowi mengingatkan bahwa Gus Dur selalu mengajak pada Islam yang moderat, menghargai pluralisme dan Islam pembawa pesan kedamaian,” kata Yenny.

Yenny Wahid terkesima saat ribuan masyarakat memenuhi haul Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Sabtu malam (7/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News