Asian Games 2018

Yo Yo Ayo! Fajar / Rian Akhiri Puasa Indonesia Sejak 2002

Yo Yo Ayo! Fajar / Rian Akhiri Puasa Indonesia Sejak 2002
Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ganda putra kedua Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto alias Fajar / Rian, memastikan tiket final bulu tangkis nomor beregu putra Asian Games 2018.

Turun di partai keempat Indonesia vs Jepang di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (21/8) malam, Fajar/ Rian menang atas Takuto Inoue / Yuki Kaneko.

Duet Merah Putih yang kini bertengger di peringkat tujuh dunia itu, menang atas ganda Negeri Matahari Terbit ranking sembilan dunia dengan skor 21-10, 21-10.

Kesuksesan Fajar / Rian membuat Indonesia unggul 3-1 atas Jepang. Kemenangan Fajar / Rian atas Takuto/Yuki kali ini merupakan yang kelima dari lima kali pertemuan mereka.

Sebelum Fajar / Rian, Indonesia mendulang poin dari Jonatan Christie dan Marcus Fernaldi / Kevin Sanjaya. Satu-satunya kekalahan tim Merah Putih datang dari partai pertama tunggal pertama, Anthony Sinisuka Ginting.

Keberhasilan tim putra Indonesia ke final bulu tangkis nomor beregu ini merupakan yang pertama sejak 16 tahun.

Ya! Terakhir kali tim putra Indonesia melakoni final adalah di Asian Games 2002 di Busan. Saat itu Indonesia harus puas dengan medali perak, setelah kalah dari Korea Selatan.

Untuk urusan emas, tim putra pernah menyabetnya lima kali yakni di Asian Games 1962 (Jakarta), AG 1970 (Bangkok), AG 1978 (Bangkok), AG 1994 (Hiroshima) dan AG 1998 (Bangkok).

Indonesia akan berhadapan dengan Tiongkok di final bulu tangkis nomor regu putra Asian Games 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News