Yogyakarta Bakal Dipilih Jadi Tuan Rumah Kompetisi Liga 1 dan liga 2, Begini Alasannya

Yogyakarta Bakal Dipilih Jadi Tuan Rumah Kompetisi Liga 1 dan liga 2, Begini Alasannya
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PSSI mewacanakan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bergulir kembali pada September dan Oktober mendatang. Namun, kompetisi akan dilakukan dengan format tersentralisasi di satu daerah tertentu. Lantas, daerah mana yang akan dipilih?

Sebuah diskusi webinar yang diikuti oleh Ketum PSSI M Iriawan ternyata membongkar rencana daerah yang dipilih. Salah satu yang disebut ialah Yogyakarta.

Di sana dipilih sebagai home base utama bagi tim-tim yagn berasal dari luar Jawa. Sementara, untuk yang di Jawa kemungkinannya ada dua, bisa menetap di kota itu, atau memilih pulang pergi dengan jalur darat.

"Kami fokuskan di Yogyakarta agar tidak wara-wiri. Kalau tim yang di Pulau Jawa itu dengan menggunakan jalan tol saja sudah sampai," ucap M Iriawan.

Tetapi, alasan utama sentralisasi sejatinya untuk mengurangi arus bepergian tim-tim yang tersebar di wilayah barat sampai timur Indonesia. Itu juga untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 apabila tim minim bepergian.

Di sisi lain, Yogyakarta dipilih karena PSSI juga memiliki jaminan dari pengusaha hotel di sana yang menyediakan tempat menginap untuk peserta kompetisi. Bahkan, PSSI bisa memberikan jaminan biaya gratis untuk hotel yang akan ditinggali oleh klub nanti.

"Pertamanya kami diminta (bayar hotel, red) 25 persen. Kemudian saya bilang bagaimana kalau gratis? Akhirnya gratis dengan sekali makan," ungkap pria yang pernah menjadi Wakapolri tersebut.(dkk/jpnn)

Sebuah diskusi webinar yang diikuti oleh Ketum PSSI M Iriawan ternyata membongkar rencana daerah yang dipilih. Salah satu yang disebut ialah Yogyakarta.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News