Youtube Rilis Fitur Baru Chapter

Youtube Rilis Fitur Baru Chapter
Logo YouTube. Foto: Dedi Sofian/JPNN

jpnn.com - Youtube merilis fitur baru "Chapter" atau bab, yang memudahkan pengguna untuk melompat ke bagian tertentu yang ingin ditonton pada sebuah video, layaknya buku.

Dikutip dari TechCrunch, Jumat, Youtube dilaporkan telah menguji fitur bab pada bulan April, namun kini meluncurkan fitur tersebut untuk semua pengguna, baik desktop maupun mobile, untuk Android dan iOS.

Fitur bab tersebut akan diaktifkan secara otomatis pada bilah video dengan judul di dalamnya ketika pembuat konten menambahkan informasi deskripsi pada video mereka.

Stempel bab akan tampak berjeda dalam bilah video. Untuk menggunakan fitur ini, video setidaknya memiliki tiga cap waktu yang panjangnya minimal 10 detik.

Untuk memudahkan penonton menavigasi fitur bab video, Youtube memberikan sensasi "gedebuk" yang memberi tahu pengguna bahwa mereka akan pindah ke bab baru.

Sementara itu, pada platform di mana umpan balik ke penonton itu tidak tersedia, Youtube akan mengarahkan pengguna ke awal bab.

Selain itu, pengguna pada perangkat mobile dan tablet juga dapat menggeser jari mereka ke atas dan ke bawah pada bilah video untuk melihat bab yang ingin ditonton.

Youtube mengatakan fitur tersebut mendapat banyak umpan balik positif selama pengujian, namun sedikit mengubah produk berdasarkan eksperimen sebelumnya.

Youtube merilis fitur baru "Chapter" atau bab, yang memudahkan pengguna untuk melompat ke bagian tertentu yang ingin ditonton pada sebuah video.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News