Yuddy Gelar Soft Launching Miniatur Indonesia di Ukraina

Yuddy Gelar Soft Launching Miniatur Indonesia di Ukraina
Tampak Miniatur Indonesia di Ukraine in Miniature Park di kota Kyiv, Ukraina yang dilanching bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November. Foto: Ist

jpnn.com, KYIV - Tepat di Hari Pahlawan 10 November, Dubes RI untuk Ukraina, Prof. Yuddy Chrisnandi melakukan soft launching Miniatur Indonesia di Ukraine in Miniature Park atau Taman Miniatur Ukraina di kota Kyiv. Menurut Yuddy, soft launching miniatur Indonesia ini sekaligus memperingati hari Pahlawan 10 November.

Yuddy Gelar Soft Launching Miniatur Indonesia di Ukraina

Dubes RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi

“Karena dengan jasa Pahlawan, kini bangsa Indonesia bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain. Bahkan budaya Indonesia dikenal dunia. Hal inilah yang menjadi pertimbangan soft launching Miniatur Indonesia ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2017,” ujar Yuddy dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Situs kebudayaan miniatur Indonesia di Ukraine in Miniature Park terdiri dari Replika Tugu Monas, Candi Borobudur, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta dan Pura Ulun Danu Bali.

Warga Ukraina bisa menikmati gambaran keberagaman dan luasnya Indonesia. “Ukraine in Miniature Park sendiri adalah satu-satunya taman miniatur yang ada di Ukraina yang berdiri pada tahun 2006. Dengan letaknya yang strategis di kota Kyiv dan lahan seluas 2 hektare persegi, tempat ini menjadi tujuan wisata utama di Ukraina,” ujarnya.

Yuddy Gelar Soft Launching Miniatur Indonesia di Ukraina

Di tempat ini pula, menurut Yuddy, replika seluruh bangunan terkenal di Ukraina seperti gedung Parlemen Verkhovna Rada hingga Gereja Katedral Orthodoks Saint Sofia bisa ditemui. Semua bangunan tersebut terbuat dari bahan, desain arsitektur Ukraina dan dibuat di Ukraina.

Namun patut dicatat, Indonesia adalah negara sahabat pertama yang diberikan kesempatan memperoleh area miniaturnya. Kini di area seluas 8,5 m x 7 m atau sekitar 60 meter persegi, pengunjung obyek wisata tersebut dapat menikmati miniatur Indonesia.

Kini Indonesia bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain. Bahkan budaya Indonesia dikenal dunia. Hal ini jadi pertimbangan soft launching Miniatur Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News