JPNN.com

Yuk, Belajar Bisnis Bersama CEO Orchid Forest Cikole Bandung

Jumat, 18 September 2020 – 18:24 WIB
Yuk, Belajar Bisnis Bersama CEO Orchid Forest Cikole Bandung - JPNN.com
Pemilik sekaligus CEO Orchid Forest Cikole Maulana Akbar. Foto: Sapta Priwasana/GenPI.co/JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Setiap orang pasti ingin menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Namun, hanya sebagian orang yang berhasil mewujudkan keinginannya itu.

Alasannya sederhana, memulai bisnis sendiri tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh mental kuat, kerja keras, ketekunan, dan hal penting lainnya yang harus dipersiapkan secara matang.

Pemilik sekaligus CEO Orchid Forest Cikole Maulana Akbar, membagikan beberapa hal penting sebelum membangun bisnis sendiri.

Menurutnya, masing-masing bisnis mempunyai sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, harus paham karakter dan sifat bisnis yang akan digeluti.

"Harus berangkat atau tahu siapa customernya terlebih dahulu sebelum membuat bisnis untuk membangun produknya," ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Pria yang kerap disapa Barry ini menjelaskan, setelah bisnis berjalan kita akan melewati fase mulai dari functional atau operational sampai corporate strategy. Fase tersebut menurutnya sangat luar biasa menyita waktu, pikiran dan energi.

“Menjadi pebisnis atau pengusaha sama sekali nggak gampang. Karena minimal memiliki 3 tanggung jawab yaitu moral atau etika, sosial, dan market," jelasnya.

Barry menjelaskan bahwa peran pengusaha sangatlah besar dalam membuka lapangan kerja untuk pembangunan ekonomi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri