Yuk, Benahi Plat Bodi Monokok

Yuk, Benahi Plat Bodi Monokok
Yuk, Benahi Plat Bodi Monokok. Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Sempat melegenda, tapi ada problem klasik yang biasa menimpa. Yakni spatbor belakang yang menjadi satu dengan rangkaian bodi mengalami korosi hingga menyebabkan plat bodi menjadi keropos.

Problem demikian ini biasa terjadi pada bebek yang menganut rangka model monokok atau bodinya yang masih didominasi plat. Seperti halnya Grand, Prima, RC-80, RC-100 atau Yamaha Robot series.

Tak ada jalan lain terkecuali menambalnya dengan plat baru. Untuk pengerjaan yang satu ini, bisa langsung merujuk bengkel las kepercayaan.  

Untuk jenis plat sebagai pengganti, dapat memakai plat 1,2 mm. Caranya, rusak lebih dulu plat bodi, khususnya bagian spatbor belakang dengan blender las. Kemudian ganti dengan plat baru dan tambal seperti posisi aslinya. Cuman proses penyambungannya perlu dikenteng, untuk meratakan dengan lekuknya.  

Sisi lain pada bagian pangkon sok atas juga wajib diperhatikan. Mengingat, penopang sok atas itu juga terangkai atau menyambung dengan plat bodi yang keropos tadi. Jadi, kalau bisa usahakan juga diganti platnya. Agar kedudukan sok belakang jadi lebih stabil saat menerima beban. (pid/jpnn)


Sempat melegenda, tapi ada problem klasik yang biasa menimpa. Yakni spatbor belakang yang menjadi satu dengan rangkaian bodi mengalami korosi hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News