Yuk Jaga Sendi Agar Tak Terluka

Yuk Jaga Sendi Agar Tak Terluka
Ilustrasi

jpnn.com - MUNGKIN Anda pernah merasakan saat sendi-sendi menjadi kaku dan membengkak. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa membuat segala sesuatunya, baik berjalan maupun saat mengangkat, menjadi suatu tugas yang sangat sulit.

 

Meski tidak ada cara untuk memastikan nyeri sendi bisa hilang selamanya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan lemak ikan-bisa membantu.

Di samping itu, Anda juga perlu berhati-hati, sebab ada juga beberapa makanan yang justru menyebabkan sendi terluka jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (31/5).

1. Tomat.

Meskipun tomat biasanya dianggap sebagai makanan yang mengandung anti-inflamasi, mereka yang menderita jenis tertentu dari arthritis, telah lama berpikir buah merah bisa memicu nyeri sendi.

Dan penelitian baru membuktikan pernyataan itu benar. Para peneliti mensurvei sebanyak 2.051 orang, 20 persen di antaranya melaporkan tomat sebagai pemicu nyeri sendi. Mereka kemudian menganalisis data dari 12.720 orang yang jarang bermasalah dengan nyeri sendi.

Hasilnya, makan tomat meningkatkan kadar asam urat yang ditemukan dalam darah mereka.

MUNGKIN Anda pernah merasakan saat sendi-sendi menjadi kaku dan membengkak. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa membuat segala sesuatunya, baik berjalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News