Yuk, Nikmati Pesona Dieng Culture Festival

Yuk, Nikmati Pesona Dieng Culture Festival
Suasana matahari terbit di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Foto: Radar Kedu/JPG

jpnn.com - WONOSOBO - Bulan Agustus ini banyak agenda festival berkualitas di tanah air. Di antara sekian banyak agenda festival, salah yang direkomendasikan Menteri Pariwisata Arief Yahya adalah Dieng Culture Festival (DCF) 2016 yang mulai berlangsung Jumat (5/8) dan akan berakhir Minggu (7/8).

Rangkaian acara di festival yang berlangsung di Dieng, Jawa Tengah itu pun keren-keren. Dari penampilan Emha Ainun Najib dengan Cak Nun dengan Kiai Kanjeng, Jazz Atas Awan, pesta kembang api, hingga jamasan, pencukuran rambut dan pelarungan rambut anak gimbal khas Dieng. Semua ada di DCF 2016.

"Ada perpaduan seni tradisi, budaya dan musik modern yang membuat festival ini lebih berkelas. Anak muda masuk, orang paruh baya pun juga masuk. Ada wayang, juga pentas lengger yang khas daratan tinggi Dieng yang memiliki ketinggian kisaran 2000 m dari permukaan laut," ungkap Hari Untoro Drajad, Staf Ahli Menpar Bidang Multikultural.

Menurut Hari, di dataran tinggi sebelah barat gunung Sindoro dan Sumbing ini ada bukti arkeologis yang berdiri di permukaan bumi. Ada Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca, hingga sumber air Jalatunda yang konon mengalirkan air erkhasiat.

"Air suci ini diambil dan digunakan untuk upacara tertentu di Bali. Ini membuktikan peradaban yg berasal dari abad 9-10 Masehi. Hingga abad ke-12, ritual ini masih terjadi di dataran tinggi Dieng. Sekarang tradisi pemotongan atau pencukuran rambut gimbal," jelasnya.

Hari menjelaskan, upacara selamatan yang dilakukan di kompleks Candi Arjuna itu sangat menarik. Banyak wisatawan Eropa yang suka dengan alam dan tradisi di Dieng. "Dieng juga tempat yang indah untuk melihat matahari terbit," kata Hari.

Beragam kemeriahan ini membuat agenda DCF tak pernah sepi dari pengunjung. Tahun lalu, DCF dibanjiri sekitar 20 ribu pengunjung.

Atraksi di DCF pun sangat beragam. Salah satu yang paling ditunggu adalah Jazz Atas Awan. Biasanya, acara jazz dinikmati di kafé-kafé. Tapi di DCF 2016, pengunjung bisa menikmati jazz tepat di depan Candi Arjuna Dieng. Menikmati musik di ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Atraksi alamnya, gunung yang menjulang tinggi.

WONOSOBO - Bulan Agustus ini banyak agenda festival berkualitas di tanah air. Di antara sekian banyak agenda festival, salah yang direkomendasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News