Yuk Tukar Tiga Batang Rokok dengan Sekotak Susu

Yuk Tukar Tiga Batang Rokok dengan Sekotak Susu
Aksi mahasiswa di Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Foto: pojokpitu

jpnn.com - JEMBER—Berbagai kegiatan dilakukan untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Di Jember, mahasiswa mengampanyekan antirokok dengan cara menukar tiga batang rokok dengan satu kotak susu. Mereka bergerilya mendatangi warga dan memberikan edukasi agar berhenti merokok.

Tergabung dalam Komunitas Peduli Udara Bersih (Kopdar), mahasiswa melakukan aksi itu di Jember.  Mereka berkeliling di kawasan halaman Kampus Universitas Jember untuk mencari setiap warga yang kedapatan sedang asyik merokok. Kemudian memberikan edukasi pentingnya bebas rokok.  

Para mahasiswa ini meminta warga seketika mematikan rokoknya. Sebagai gantinya, setiap tiga batang rokok ditukar dengan satu kotak susu kemasan. Selain bergerilya mencari perokok, para mahasiswa ini juga membuka lapak aksi damai.

“Kami kampanyekan gerakan bebas rokok, agar terhindar dari gangguan berbagai penyakit,” ujar Rizaldi Yudistira, koordinator aksi. 

Aksi ini digelar juga sebagai bentuk dukungan kepada Presiden Jokowi untuk menandatangani  perjanjian internasional tentang pengendalian tembakau dunia (FCTC). 

Aksi ini digelar mahasiswa sejak Minggu kemarin hingga Selasa, kemarin. Dengan aksi ini diharapkan akan mengurangi bahaya rokok. Terlebih bagi kalangan generasi muda agar bebas dari kooptasi iklan rokok, yang selama ini membanjir di media massa maupun iklan internet.(end/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News