Yusril, Puasa, dan Perbaikan Bangsa...

Yusril, Puasa, dan Perbaikan Bangsa...
Yusril Ihza Mahendra. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Yusril Ihza Mahendra berharap puasa tahun ini bisa meningkatkan kualitas iman dan takwa seluruh umat muslim Indonesia kepada Allah SWT. 

"Lebih dari itu, saya juga berharap agar puasa Ramadan bisa menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang berbudi luhur dan berakhlak mulia," kata pakar hukum tata negara itu, Minggu (5/6). 

Yusril mengaku yakin ibadah puasa dapat meningkatkan kualitas kepribadian setiap individu yang menjalankannya, yang kemudian memiliki efek sosial bagi masyarakat. Sebab, orang yang berpuasa bukan hanya diwajibkan menahan lapar dan dahaga tetapi juga harus mencegah berbicara yang sia-sia.

"Selama berpuasa kita harus menjauhkan diri dari berkata kasar, keji dan merendahkan orang lain. Bangsa kita yang sedang membangun ini memerlukan sifat-sifat mulia yang diajarkan dalam puasa agar kita menjadi bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan," jelasnya.

Dia menambahkan, aspek penting dalam ibadah puasa adalah meningkatnya rasa sosial yang tinggi terhadap setiap individu, dan adanya semangat saling mengasihi. 

"Aspek ini akan menjadikan ikatan persaudaraan bangsa ini sangat kuat," tutur Yusril. (wah/rmol/jpnn)


JAKARTA - Yusril Ihza Mahendra berharap puasa tahun ini bisa meningkatkan kualitas iman dan takwa seluruh umat muslim Indonesia kepada Allah SWT. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News