Zaman Now Pendidikan Vokasi Lebih Mentereng, Kemendikbud Dorong Lulusan SMP Masuk SMK

Zaman Now Pendidikan Vokasi Lebih Mentereng, Kemendikbud Dorong Lulusan SMP Masuk SMK
Dirjen Diksi Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto terus mendorong anak-anak SMP masuk ke sekolah menengah kejuruan (SMK).

Alasannya, kini pendidikan vokasi sudah lebih mentereng dan bisa berjenjang hingga ke pendidikan tinggi.

"Ayo anak SMP masuk SMK, jangan ragu. Lulusan SMK bisa kerja profesional dan lanjut D4, bahkan bisa lanjut lagi S2 terapan ke Taiwan, Jerman, dan Indonesia," kata Wikan saat Bincang Edukasi Link and Match yang dipandu Cak Lontong dan disiarkan melalui di YouTube, Sabtu (11/7).

Dia menambahkan, harus ada perubahan pola pikir para orang tua dan siswa yang menganggap lulusan SMK hanya jadi tukang. Kalaupun memang jadi tukang, katanya, lulusan SMK tetap profesional.

"Banyak kok tukang las lulusan SMK yang kerja di galangan kapal asing dan mereka dibayar mahal per jamnya," cetusnya.

Menurut Wikan, ada perbedaan SMK saat ini dengan dahulu. Sebelumnya, lulusan SMK hanya mentok sampai jenjang D3.

Namun, sekarang lulusan SMK bisa melanjutkan pendidikan ke pascasarjana. Nantinya, lulusan D3 bisa ke D4 tanpa perlu memulai lagi dari semester awal.

"Jenjang D3 ke D4 tinggal difokuskan pada peningkatan kemampuan soft skill. Sebab kemampuan soft skill ini sangat dibutuhkan industri," ucapnya.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud menyatakan, harus ada perubahan pola pikir para orang tua dan siswa yang menganggap lulusan SMK hanya jadi tukang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News