JPNN.com

Ziarah ke Makam Pendiri Muhammadiyah, Gus Jazil: Kita Harus Teruskan Perjuangannya

Senin, 05 Oktober 2020 – 20:05 WIB
Ziarah ke Makam Pendiri Muhammadiyah, Gus Jazil: Kita Harus Teruskan Perjuangannya - JPNN.com
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid atau Gus Jazil saat ziarah kubur di Yogyakarta. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid melakukan ziarah ke makam sejumlah tokoh bangsa dalam kunjungan kerja di Yogyakarta, Minggu (4/10).

Ziarah dilakukan Jazilul ke makam pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan, pendiri HMI Lafran Pane yang ada di Karangkajen, serta makam pendiri Perguruan Taman Siswa Ki Hajar Dewantara yang ada di Umbulharjo.

Jazilul Fawaid mengatakan sebagai orang NU, dia mempunyai tradisi untuk melakukan ziarah kubur. Meski organisasi keagamaan lain tidak memiliki tradisi yang demikian, dirinya mengatakan memaklumi dan mengajak semua untuk saling menghormati.

Dia pun berziarah ke makam KH. Ahmad Dahlan lantaran tokoh bangsa itu merupakan seorang kiai. “Beliau merupakan sedarah dan seiman bagi saya," ucap Jazilul.

"Juga sebagai saudara sebangsa," lanjut politikus yang beken disapa Gus Jazil ini.

Menurutnya, banyak organisasi umat yang ada di Indonesia, namun yang terbesar dan eksis dari dahulu sampai sekarang ada dua, yakni NU dan Muhammadiyah.

Sedang Lafran Pane, kata Gus Jazil, berkat dia lah HMI ada dan sekarang memiliki kader di mana-mana. “Serta menduduki berbagai posisi dan jabatan penting. Itu berkat Pak Lafran," sambung waketum PKB ini.

Karena itu dia mengajak kepada bangsa ini untuk terus mengenang, mengingat, dan melanjutkan cita-cita perjuangan KH. Ahmad Dahlan dan Lafran Pane.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra