Ziarahi TMP Kalibata, Alumni AMN Berpesan ke Generasi Muda

Ziarahi TMP Kalibata, Alumni AMN Berpesan ke Generasi Muda
Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono bersama para alumni AMN 1967 ketika ziarah di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/9). Foto: istimewa for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Alumni Akademi Militer Nasional (AMN) Tahun 1967 menggelar acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/9). Kegiatan itu dalam rangka peringatan ulang tahun ke-50 wisuda taruna AMN 1967.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendroproyono yang juga salah satu alumnus AMN 1967 mengatakan, ada pesan penting di balik kegiatan tabur bunga itu. Menurutnya, acara tabur bunga itu sebagai upaya para alumni AMN 1967 yang masih hidup dalam menghargai para pahlawan, sekaligus menyampaikan pesan kepada generasi selanjutnya untuk meneruskan cita-cita para pendahulu.

“Kami sudah memberikan apa yang bisa kami berikan untuk negara dan bangsa Indonesia. Karena itu, tugas generasi mudalah yang melanjutkan dengan tetap menjaga persatuan serta keutuhan bangsa," ujar Hendro.

Lebih lanjut Hendro memerinci, total alumni AMN 1967 ada 203 orang. Dari jumlah itu, 101 di antaranya sudah wafat. Sedangkan sisanya ikut dalam tabur bunga.

Hendro juga berpesan kepada generasi muda agar bisa mewujudkan cita-cita para pejuang yang telah berjasa dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, para generasi muda memiliki tanggung jawab besar dalam melanjutkan cita-cita kemerdekaan.

Untuk itu Hendro juga meminta para generasi muda agar selalu menjaga Pancasila dan mengamalkannya. Hal lain yang juga menjadi pesan Hendro adalah pentingnya generasi muda mengesampingkan demi merawat persatuan.

"Dengan falsafah Pancasila, kita selalu berhasil mengibarkan bendera kemenangan Sang Merah Putih di seluruh nusantara dan dunia. Karena itu seluruh elemen bangsa harus aktif meweujudkan kesejahteraan bangsa lahir dan batin," imbuh ketua umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu.

Acara tabur bunga selain diisi ziarah dan pembacaan doa juga diiringi kegiatan sosial. Ada pembagian paket sembako dan santunan tunai untuk para veteran yang diserahkan Taty Hendropriyono.(rmo/jpg)


Total alumni Akademi Militer Nasional (AMN) Tahun 1967 ada 203 orang. Dari jumlah itu, 102 di antaranya sudah meninggal dunia.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News