Zifivax Ampuh untuk Booster, Antibodi Melesat Hampir 50 Kali

Zifivax Ampuh untuk Booster, Antibodi Melesat Hampir 50 Kali
Vaksin Zifivax produksi China boleh digunakan di Indonesia. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Vaksin Zifivax telah diteliti guna mengetahui efektivitasnya sebagai booster untuk Covid-19.

Penelitian dilakukan beberapa waktu lalu terhadap ratusan relawan di Hunan Provincial Center for Disease Control and Prevention (Hunan CDC).

Vaksin Zifivax dikembangkan di Indonesia oleh PT. Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio).

Direktur Pemasaran dan Kemitraan PT JBio, DR. dr. Chairuddin Yunus, M.Kes menyampaikan, hasil penelitian terhadap vaksin Zifivax sebagai booster Covid-19 diterima pada Selasa (14/12).

“Hal ini merupakan kabar gembira dari penelitian vaksin Zifivax sebagai booster. Kami berharap hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, Kami juga sedang dalam proses pengajuan izin penggunaan vaksin Zifivax ini sebagai booster ke BPOM,” ungkap Chairuddin Yunus, di Jakarta, Rabu (15/12).

Dia menjelaskan, penelitian pemberian booster ini melibatkan 360 orang subjek.

Adapun waktu pemberian booster ini diberikan 3-13 bulan setelah subyek mendapatkan dosis lengkap (sebanyak 2 kali suntikan) vaksin inactivated Covid-19.

Chairuddin menjelaskan, titer neutralizing antibody terhadap virus Covid-19 original Wuhan strain meningkat hampir 24 kali lipat dari nilai titer antibodi 2,07 menjadi 49,07 sedangkan untuk varian Delta (B.1.172.2) meningkat lebih tinggi hampir 50 kali lipat dari nilai titer antibody 2,08 menjadi 102,58 setelah subjek mendapat booster Zifivax.

Vaksin Zifivax telah diteliti guna mengetahui efektivitasnya sebagai booster untuk Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News