Zulkifli Gelar Rapat Pimpinan MPR Bahas Posisi OSO

Zulkifli Gelar Rapat Pimpinan MPR Bahas Posisi OSO
Zulkifli Hasan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berencana segera menggelar rapat pimpinan MPR. Rapat ini digelar terkait posisi Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang yang tadi malam terpilih sebagai ketua DPD.

"Tentu dalam waktu dekat kami akan rapat pimpinan untuk membahas, membicarakan ini. Kalau bisa hari ini," ujar Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4).

Namun, dia menunggu proses yang ada di DPD terkait penunjukan OSO tersebut. Sebab, paripurna kemarin sempat diwarnai kericuhan lantaran Wakil Ketua DPD GKR Hemas mengetok palu bahwa Tata Tertib Nomor 1 tahun 2014 berlaku kembali sesuai dengan adanya putusan Mahkamah Agung yang mengembalikan jabatan pimpinan DPD menjadi lima tahun.

Di sisi lain, keputusan itu dibatalkan dengan dilancarkannya mosi tidak percaya kepada Hemas hingga akhirnya ada pemilihan pimpinan DPD. Belakangan pun Hemas balik melawan dengan menyurati Mahkamah Agung agar tidak melantik OSO dan dua wakilnya, Nono Sampono juga Darmayanti Lubis.

"Ini kan ada dua, ada putusan hukum, ada putusan politik. Kita lihat saja prosesnya seperti apa," tutur Zulkifli.

Ketua umum PAN itu tidak mau berspekulasi mana yang paling baik antara putusan hukum dan politik. Dia hanya berharap agar persoalan tersebut bisa dituntaskan.

"Kita hormati DPD, mudah-mudahan Pak OSO yang di MPR mewakili DPD yang saya percaya bisa menyelesaikan," ucapnya.

Dia juga tidak bisa berandai-andai apabila nantinya OSO dilantik sebagai ketua DPD harus menanggalkannya sebagai wakil ketua MPR. Akan tetap yang pasti, rangkap jabatan tersebut tidak diatur jelas di tata tertib MPR.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berencana segera menggelar rapat pimpinan MPR. Rapat ini digelar terkait posisi Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News