Zulkifli Hasan Bertemu Buya Syafii, Gagas Koalisi Nasional

Zulkifli Hasan Bertemu Buya Syafii, Gagas Koalisi Nasional
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar dan membuka acara Rakernas II Al Jam'iyatul Washliyah, di Ballroom Hotel Jayakarta, Yogyakarta, Jumat (6/4). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JOGJA - Ketua MPR Zulkifli Hasan melontarkan gagasan pembentukan Koalisi Nasional. Koalisi ini sifatnya terbuka, siapa pun boleh bergabung asalkan punya keinginan yang sama yakni membangun demokrasi yang sehat.

“Bahwa di alam demokrasi harus dijaga agar kompetisi tetap berkualitas. Memilih pemimpin harus yang amanah, memilih pemimpin yang berpihak pada rakyat, pada umat yang tersakiti, yang terzalimi,” ujar Zulkifli Hasan saat membuka acara Rakernas II Al Jam'iyatul Washliyah, di Ballroom Hotel Jayakarta, Yogyakarta, Jumat (6/4).

Pernyataan Zulkifli soal perlunya dibentuk Koalisi Nasional kembali disampaikan usai bertemu Ahmad Syafii Maarif di kediaman tokoh nasional yang akrab disapa Buya Syafii itu.

“Koalisi Nasional ini ini untuk menghindari poros-poros yang tajam pertentangannya,” ujar Zulhasan di teras rumah Buya Syafii.

Koalisi Nasional ini akan membangun kompetisi di alam demokrasi dengan adu konsep dan gagasan menuju Indonesia yang berdaulat, bukan koalisi yang mengadu domba, menebar fitnah yang berdampak buruk.

"Koalisi ini adalah terbuka siapapun boleh masuk mengenai siapa-siapanya nanti. Intinya, koalisi ini digagas demi menghindarkan berbagai pertentangan panjang yang menguras energi bangsa dan pada ujungnya menuju Indonesia yang berdaulat," ujarnya.

Terkait pertemuannya dengan Buya Syafii, Zulhasan mengatakan bahwa pertemuan dengan seorang tokoh nasional yang menyejukkan ini sangat penting. @Agar kita bisa menjalani tahun politik dengan kesejukan, perdamaian. Jalani tahun politik ini secara berkualitas, aman dan damai," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Syafii Maarif sangat mengapresiasi kunjungan silaturahmi Zulhasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan gagasan pembentukan Koalisi Nasional, yang sifatnya terbuka, siapa saja boleh bergabung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News