Zulkifli Hasan Puji Peran Aktif Dalang Sebarkan Nilai Luhur

Zulkifli Hasan Puji Peran Aktif Dalang Sebarkan Nilai Luhur
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto; dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifi Hasan menerima sekitar 8 orang delegasi Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) yang dipimpin langsung ketua umumnya Kondang Sutrisno, Selasa (5/4). Pertemuan itu sebagai ajang silaturahmi, sekaligus menguatkan dukungan Pepadi terhadap MPR yang sedang menggalakkan sosialisasi program Empat Pilar.  

Menurut Kondang, Pepadi pernah melakukan kerja sama dengan MPR untuk sosialisasi Empat Pilar dalam bentuk pagelaran seni wayang. Menurutnya, Pepadi sangat mengapresiasi langkah MPR yang menggunakan seni budaya untuk sosialisasi.

“Upaya pemahaman dan pelestarian budaya sangat penting di negara kita sebab Indonesia akarnya adalah budaya.  Makanya visi dan misi Pepadi dalam pelestarian seni budaya sangat erat kaitannya dengan kebangsaan dan kami harap MPR dan Pepadi yang ternyata visi dan misinya sejalan, dapat terus menjalin hubungan kerja sama yang baik demi rakyat,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Zulkifli mengatakan bahwa upaya menyebarkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus mendapat dukungan serta peran aktif semua elemen bangsa. Zulkifli pun memuji Pepadi yang ikut serta dalam program itu.

“MPR tidak bisa melakukannya sendiri, perlu dukungan kiprah seluruh elemen bangsa agar pemahaman nilai-nilai luhur banga bisa bermetamorfosis menjadi karakter dan implementasi nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Zulkifli menambahkan, pertunjukkan wayang sangat baik untuk menyebarkan nilai-nilai luhur. Sebab, kisah dalam wayang ada nilai-nilai kejujuran, cinta tanah air dan bela negara.

“Kami harap Pepadi bisa melakukan kerja sama dengan MPR dalam sosialisasi empat pilarnya dengan metode penyampaian seni dan budaya.  Kami harap para seniman seniwati bisa menjadi juru bicara dalam pemahaman soal Pancasila, semuanya demo bangsa dan negara,” pungkasnya.(adv/ara/JPNN)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News