Iran Langsung Protes Keras, Hubungan dengan Arab Saudi Kembali Panas

Iran Langsung Protes Keras, Hubungan dengan Arab Saudi Kembali Panas
Suasana di BPHI di Mina, Kamis (24/9). Foto: petugas medis for JPNN

jpnn.com - MAKKAH - Hubungan Arab Saudi dan Iran kembali panas pascatragedi Mina, Kamis (24/9). Teheran langsung menyalahkan Riyadh atas insiden yang menyebabkan 43 jamaah haji asal Iran meninggal itu.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menyebut Saudi telah lalai dan gagal memberikan jaminan keamanan serta keamanan pada para jamaah.

Apalagi, Jumat dua pekan lalu (11/9), sebuah crane juga ambruk menimpa Masjidilharam yang menyebabkan lebih dari 100 jamaah wafat.

"Kementerian Luar Negeri akan memanggil perwakilan diplomatik Saudi di Teheran (untuk menyampaikan protes)," kata Abdollahian.

Said Ohadi, ketua organisasi penyelenggara haji Iran, juga menuntut Riyadh memberikan penjelasan rinci atas terjadinya tragedi tersebut. "Ini sungguh tragis," ujarnya di Teheran kemarin.

Iran dan Arab Saudi rutin terlibat dalam berbagai ketegangan politik. Sejarahnya bahkan menjulur panjang ke berbagai dekade silam. Mengutip Iranwire, pada 1943, seorang jamaah asal Iran dipenggal kepalanya saat berhaji karena dianggap mengotori rumah Tuhan.

Iran membalas tindakan itu dengan memutuskan hubungan diplomatik dengan Saudi selama empat tahun. Juga, memboikot pelaksaaan haji dengan tak mengirimkan jamaah.

April lalu, ulama terkemuka Iran Ayatollah Nasser Makarem Shirazi juga sempat mengampanyekan pemboikotan ibadah haji. Gara-garanya, pelecehan seksual yang dilakukan dua polisi Saudi kepada dua remaja Iran di Bandara Jeddah. (AP/AFP/CNN/alarabiya/aljazeera/hep)

MAKKAH - Hubungan Arab Saudi dan Iran kembali panas pascatragedi Mina, Kamis (24/9). Teheran langsung menyalahkan Riyadh atas insiden yang menyebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News