Kamis, 31 Juli 2014 | 20:31:04
Home / Teknologi / Gadget / Robot Avatar Tirukan Mimik dan Gerakan

Sabtu, 11 Februari 2012 , 08:50:00

BERITA TERKAIT

YOKOHAMA--Robot impian seperti di film Avatar kian mendekati kenyataan. Seorang ilmuwan Jepang berhasil mengembangkan robot yang bisa menirukan mimik dan gerakan manusia yang mengontrolnya.

Pengguna TELESAR (TELexistence Surrogate Anthropomorphic Robot) V akan dipasangi alat khusus yang tidak hanya bisa menggerakkan robot secara langsung dari jarak jauh. Tapi juga bisa mendengar, melihat, dan merasakan hal yang sama seperti robot android.

"Ketika saya memasang alat tersebut dan menggerakkan tubuh saya, saya melihat tangan saya seperti masuk ke tangan robot itu. Ketika menggerakkan kepala saya, saya bisa melihat pemandangan berbeda dari yang saya lihat sebelumnya," terang peneliti, Sho Kamuro.

"Ini seperti pengalaman aneh yang akan membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda benar-benar menjadi robot," terangnya kepada Agence France Presse kemarin.

Profesor Susumu Tachi, ahli teknik dan realitas virtual di Keio University's Graduate School of Media Design mengatakan, sistem yang dipasangkan di penutup kepala, jaket, dan sarung tangan penggunanya akan mengirimkan perintah detail kepada robot tersebut yang kemudian akan ditirukan.

Sarung tangan berbahan polyster tipis itu terhubung dengan semikonduktor dan motor penggerak mini yang bisa membuat penggunanya merasakan apa yang disentuh jari robot. "Seperti halus, permukaan tidak rata, termasuk panas dan dingin," tandasnya.

Mata robot tersebut akan menangkap gambar yang terlihat secara langsung melalui layar kecil di depan mata penggunanya. Layar bisa menyajikan gambar secara tiga dimensi. (cak/ami)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar