Sabtu, 20 September 2014 | 17:01:59
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Ronaldo Paksa Belanda Pulang Kampung

Senin, 18 Juni 2012 , 04:14:00

BERITA TERKAIT

Kharkiv — Cristiano Ronaldo akhirnya menunjukkan kelasnya sebagai pemain termahal dunia setelah dalam dua laga sebelumnya bermain kurang meyakinkan. Dua gol pria yang juga dikenal sebagai CR 7 tersebut berhasil membawa kemenangan bagi timnya dengan skor 2-1 atas Belanda di Metalist Stadium, Kharkiv, Ukraina, Senin (18/6) dini hari.

Kemenangan ini sekaligus mengantar Portugal mendampingi Jerman ke perempat final. Sementara bagi Belanda, kekalahan ini mengusir mereka dari Euro. Lebih menyakitkan lagi, Belanda harus meninggalkan Euro tanpa poin satu biji pun dari tiga laga pembuka.

Dalam laga ini Belanda membuka kemenangan pada menit 11.  Adalah Rafael van der vaart, membuka  asa skuad Bert van Marwijk itu dengan membuat gol di menit ke 11. Gol indah ini dilesakkan kapten Tim Oranye ini melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Laga ini sendiri sangat penting bagi kedua tim. Ini adalah  penentuan siapa yang berhak memwakili grup ‘’Neraka’’ ini untuk melaju ke babak perempat final. Belanda butuh kemenangan dengan selisih dua gol atas Portugal jika ingin lolos ke fase berikutnya. Namun kemenangan itu berguna jika Jerman mampu mengalahkan Denmark dalam laga lainnya.

Karena itulah Belanda yang tak pernah sekalipun menang melakukan perubahan dilapangan tengah. Mark van Bommel yang biasa dipasang kini diganti Van der Vaart guna membantu Sneijder. Sementara di depan posisi Ibrahim Affellay diganti Huntelaar untuk memudahkan kerja Van Persie.

Sementara Portugal butuh kemenangan serupa. Namun anak asuh Paulo Bento ini lebih beruntung karena mengantongi tiga poin dari laga sebelumnya. Alhasil jika Jerman menang mereka hanya butuh hasil imbang.

Karena itulah Portugis juga memasang formasi menyerang dengan tiga bomber di depan. Yakni Helder Postiga yang diapit Nani dan Ronaldo.

Menit ke 22, Portugal sebenarnya mempunyai peluang emas untuk membalas. Namun header Cristiano Ronaldo masih mampu ditepis Stekelenburg. Gawang Belanda masih aman. Namun setelah serangkaian peluang itu, Ronaldo akhirnya mencetak gol perdana di Euro ini sekaligus menyamakan kedudukan di menit ke 28. Sokr 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Belanda meningkatkan serangan. Serangkaian peluang lahir dari kaki finalis Piala Dunia 2010 ini. namun sayang dewi fortuna tak memihak mereka sehingga tidak ada satupun kesempatan yang berubah menjadi gol.

Malah dalam upaya tersebut justru Portugal-lah yang berhasil memaksimalkan kesempatan. Di menit ke 74, Ronaldo mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Nani. Alhasil skor 2-1 bertahan hingga akhir laga.

Portugal akhirnya maju mendampingi Jerman sebagai wakil grup B di babak delapan besar. Sementara Belanda harus pulang bersama Denmark. Mereka harus menyusul, Irlandia, Swedia, Rusia dan Polandia yang lebih dulu angkat kaki dari turnamen ini. (zul/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar