Penumpang Bus Turun Dibanding Arus Balik 2013

Penumpang Bus Turun Dibanding Arus Balik 2013
Penumpang Bus Turun Dibanding Arus Balik 2013

jpnn.com - TEGAL - Sejak H+1 hingga H+3 Lebaran jumlah penumpang bus yang diberangkatkan dari Terminal Bus Tegal terus meningkat. Namun demikian, jika dibandingkan periode sama pada arus balik tahun sebelumnya, jumlah penumpang bus menurun.

Kepala Terminal Bus Tegal Teguh Prihatno mengatakan, dari catatannya lonjakan penumpang yang berangkat dari terminal mulai terjadi sejak H+1 Lebaran atau Selasa (29/7).

"Pada hari itu jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Tegal mencapai 727 orang. Sedangkan pada hari H Lebaran, jumlah penumpang hanya 430 orang," katanya, Jumat (1/8).

Selanjutnya, sambung dia, pada H+2 jumlah penumpang yang berangkat tercatat 3.368 orang. Kalau dibandingkan dengan H+2 tahun lalu mengalami penurunan 17,59 persen. Demikian pula pada H+3 jumlah penumpang tahun ini turun 18,07 persen. Sebab, pada 2013 lalu mencapai 4.935 orang, sekarang hanya 4.043 orang.

"Untuk data H+4 atau Jumat kemarin, belum full. Yang pasti hingga pukul 10.00, jumlah penumpang sudah mencapai 1.551 orang," jelasnya.

Menurut Teguh, para penumpang tersebut berangkat dari Tegal menuju ke barbagai kota, seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang. Adapun jumlah bus yang berangkat pada H+1 Lebaran sebanyak 117 unit, H+2 sebanyak 209 unit, dan H+3 sebanyak 203 unit. Sedangkan pada H+4 hingga pukul 10.00 jumlah bus yang berangkat sudah mencapai 97 unit.

Lebih jauh disampaikan, turunnya jumlah penumpang bus pada arus balik dan mudik Lebaran tahun ini disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, calon penumpang lebih memilih menggunakan kereta api. Kemudian, amblesnya Jembatan Comal, masa libur yang cukup panjang, dan angkutan mudik gratis dari pemerintah atau pun swasta. Selain itu, juga banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat atau roda dua.

"Karena masa libur yang panjang, orang lebih cenderung santai untuk kembali ke kota pascamudik ke kampung halaman. Sekolah di Jakarta saja baru mulai masuk kembali sekitar 11 Agustus mendatang," ujarnya.

TEGAL - Sejak H+1 hingga H+3 Lebaran jumlah penumpang bus yang diberangkatkan dari Terminal Bus Tegal terus meningkat. Namun demikian, jika dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News