Pelindo III Segera Operasikan Dermaga Baru di Kupang

Pelindo III Segera Operasikan Dermaga Baru di Kupang
Pelindo III Segera Operasikan Dermaga Baru di Kupang

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tenau, Kupang telah menyelesaikan pembangunan dermaga. Dalam waktu dekat, dermaga yang memiliki panjang 110 meter dari sisi luar dan 90 meter sisi dalam ini akan segera dioperasikan.

Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto mengharapkan dengan dioperasikan dermaga baru ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong peningkatan efisiensi biaya logistik, khususnya pengiriman barang melalui moda transportasi laut.

"Serta mampu memacu pertumbuhan perekonomian kawasan timur, khususnya Nusa Tenggara Timur," harap Edi dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/8).

Dermaga baru tersebut lanjut Edi, dirancang untuk melayani jenis kapal Bulk Carrier dengan ukuran maksimum 30.000 DWT (untuk sisi depan dermaga), kapal Long Supply Vessel dengan ukuran maksimum 20.000 DWT (untuk sisi belakang dermaga), dan kapal Bungkering Barge dengan ukuran maksimum 5.000 DWT (untuk sisi kiri dermaga).

Pembangunan dermaga baru yang menelan biaya Rp 106 miliar ini, kata Edi, untuk merespon kerja sama antara PT Pelindo III dengan PT Saipem terkait dengan aktivitas offshore logistic base.

"Lewat peningkatan struktur dermaga Pelabuhan Tenau, kami prediksi akan meningkatkan potensi call kapal PT Saipem sebanyak 683 call per tahun dengan minimum throughput bongkar-muat pipa offshore sebesar 1.228.800 ton per tahun," katanya. (chi/jpnn)

 

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tenau, Kupang telah menyelesaikan pembangunan dermaga. Dalam waktu dekat, dermaga yang memiliki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News