Masih Ditemukan Disdik Minta Setoran ke Guru

Masih Ditemukan Disdik Minta Setoran ke Guru
Masih Ditemukan Disdik Minta Setoran ke Guru

jpnn.com - JAKARTA - Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono Umar menyatakan, masih banyak guru yang diminta menyetorkan sejumlah uang kepada oknum di Dinas Pendidikan (Disdik) dari tunjangan yang mereka terima. Hal ini diketahui dari Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan terhadap satu kabupaten di wilayah Jawa.

"Setoran itu sebagai ucapan terima kasih dari guru-guru karena sudah dapat tunjangan. Tunjangan diberikan setiap tiga bulan sekali," kata Haryono di KPK, Jakarta, Kamis (28/8).

Haryono menyatakan, berdasarkan temuan yang diperoleh dalam sidak, pihaknya mengetahui bahwa uang yang disetorkan para guru cukup besar. Pungutan liar (pungli) itu diduga terjadi dalam rentang waktu trisemester I.

"Kami datangi sebuah dinas di kabupaten, di situ kita bisa kumpulkan Rp 30 juta, uangnya sudah di KPK," ujar Haryono.

Haryono menyatakan, pungutan liar tersebut diduga tidak hanya di satu kabupaten. Sebab ada ratusan kabupaten di Indonesia. "Berarti satu tahun ada sekitar Rp 120 juta. Ini asumsi kita, tapi kalau terjadi di banyak kabupaten, berapa coba nilainya," tandasnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono Umar menyatakan, masih banyak guru yang diminta menyetorkan sejumlah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News