Ketua MPR Harapkan Jokowi-JK Gunakan Nama Kabinet Trisakti

Ketua MPR Harapkan Jokowi-JK Gunakan Nama Kabinet Trisakti
Ketua MPR Harapkan Jokowi-JK Gunakan Nama Kabinet Trisakti

jpnn.com - SEMARANG - Politisi senior PDI Perjuangan yang juga Ketua MPR RI, Sidarto Danusubroto mengusulkan agar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) nanti menggunakan nama Trisakti untuk kabinet. Menurutnya, hal dirasa perlu demi mengukuhkan cita-cita sekaligus perjuangan mencapai Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya.

"Kan sudah jelas bahwa Trisakti adalah jalan ideologi sebagai pilihan yang sudah ditetapkan sejak Kongres Bali PDIP 10 tahun lalu. Ideologi itu pula yang telah mengantar PDIP ke kemenangan di pileg dan pilpres 2014. Di kedua pemilu itu PDIP  menggunakan tema kampanye yang sama, yaitu Trisakti," ujar Sidarto di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Semarang, Sabtu (20/9).

Sebelumnya, usulan penggunaan nama Kabinet Trisakti bagi pemerintahan Jokowi-JK itu dilontarkan Pusat Kajian Trisakti. Menurut Sidarto, penggunaan nama Kabinet Trisakti akan semakin mempertegas jalan ideologis bagi  pemerintahan Jokowi-JK.

Sidarto menambahkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat membuka rakernas di Semarang itu juga mempertegas pentingnya Jokowi-JK bekerja keras mewujudkan Trisakti. "Nama Trisakti  juga dapat menyatukan visi dan orientasi kerja para menteri yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda," ulas Sidarto.

Karenanya, Ketua Majelis Kehormatan DPP PDIP itu mengusulkan agar Jokowi-Jk menamai kabinet mendatang dengan Kabinet Trisakti. "Untuk itu, saya mengusulkan kepada Jokowi dan JK agar memberi nama kabinet mereka Kabinet Trisakti," pungkasnya.(ara/jpnn)


SEMARANG - Politisi senior PDI Perjuangan yang juga Ketua MPR RI, Sidarto Danusubroto mengusulkan agar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News