Target 1 Juta Turis Tiongkok, Guide di Manado Masih Minim

Target 1 Juta Turis Tiongkok, Guide di Manado Masih Minim
ilustrasi turis

jpnn.com - MANADO – Keputusan Citilink membuka tiga rute Manado-Guangzhou menjadi angin segar bagi pariwisata Manado. Kebijakan itu diyakini bakal membuat turis asal Tiongkok yang berkunjung ke Manado semakin besar.

Saat ini, kunjungan turin asal Negeri Panda itu mencapai dua ribu orang setahun. Dengan rute anyar itu, Manado diyakini bakal mampu menggaet lima ribu wisatawan pada Desember nanti.

“Kunjungan turis Tiongkok ke Sulut pada 2016 mendatang bisa menembus satu juta orang. Makanya, kita harus siap,” imbau Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang pada Manado Post.

Namun, pihaknya juga memiliki kekhawatiran besar. Salah satunya adalah jumlah pemandu wisata (guide) yang berbahasa Mandarin sangat minim.

“Kita harus bikin banyak guide Tiongkok. Ini masalah. Sulut tak akan laku kalau guide tak ada. Turis Tiongkok memang datang dan melihat objek wisata. Tapi, kalau dia tak mengerti tempat dikunjunginya, tentu percuma,” tegas Sinyo. (manadopost/jos/jpnn)


MANADO – Keputusan Citilink membuka tiga rute Manado-Guangzhou menjadi angin segar bagi pariwisata Manado. Kebijakan itu diyakini bakal membuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News