Nih Terobosan Menpora, Siapkan Badan Pendanaan Olahraga

Nih Terobosan Menpora, Siapkan Badan Pendanaan Olahraga
Imam Nahrawi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi telah melakukan evaluasi bersama KOI, KONI, pengurus cabang olahraga, dan Satlak Prima di Kantor Kemenpora, Kamis (25/6) petang. Salah satu langkah yang akan diambil Kemenpora adalah bakal membentuk badan pendanaan olahraga.

Sikap Menpora itu untuk menjawab permintaan salah satu stake holder olahraga Indonesia, agar ada terobosan soal finansial, sport science, dan administrasi. Pasalnya, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, pengadaan barang dan pendanaan persiapan cabor, kerap terbentur dengan aturan yang berbelit.

"Olahraga memang butuh percepatan ini kalau dikoordinasikan dengan proses penganggaran, ujungnya pasti ada gagal lelang dan terbentur aturan. Aturan itu terkait kehati-hatian dalam pencarian keuangan. Regulasinya itu jelas," katanya usai evaluasi, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (25/6).

Nah, fungsi badan pendanaan olahraga, nantinya adalah dalam pemenuhan terobosan terkait finansial, sport science, ataupun perlengkapan. Badan Pendanaan fungsinya untuk keadaan darurat, misalnya ketika pengadaan perlengkapan terbentur regulasi yang panjang, maka badan pendanaan olahraga bisa menjadi solusi.

Menuju pengelolaan yang lebih baik ini, Imam sudah mendapat banyak bahan evaluasi. Kemenpora nantinya akan menata kembali mana olahraga yang berprestasi dan mana olahraga yang butuh pendanaan penuh pemerintah

"Koordinasi ke depan tak boleh lagi seperti saat ini. Harus ada sinkronisasi kuat. KOI nanti akan berjuang di level internasionalnya, Satlak Prima akan memastikan kesiapan atlet sesuai dengan target, bukan target yang harus menyesuaikan atlet," tutur menteri 43 tahun tersebut. (dkk/jpnn)


JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi telah melakukan evaluasi bersama KOI, KONI, pengurus cabang olahraga, dan Satlak Prima di Kantor Kemenpora, Kamis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News