Inilah Pujian Presiden Jokowi untuk Karnaval Pesona Danau Toba

Inilah Pujian Presiden Jokowi untuk Karnaval Pesona Danau Toba
Presiden Joko Widodo bersama para menteri saat mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 di Balige, Tobasa, Sumatera Utara, Minggu (21/8). Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - BALIGE – Dua hari pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Balige dan Parapat cukup membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat simpulan. Kawasan danau supervolcano terbesar di dunia itu sangat berpotensi dikembangkan menjadi destinasi kelas dunia.

“Jangan berhenti sampai di sini, tahun depan harus dilanjutkan karnaval lagi,” harap Presiden Joko Widodo sebelum menabuh gondang tanda pawai budaya dari Soposurung menuju Simpang Sibulele, Balige, Tobasa, Minggu (21/8).

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya berkali-kali. Danau Toba punya atraksi alam (nature) yang sangat kuat. Levelnya sudah mendunia dan tidak perlu diragukan lagi.

Danau yang terbentuk dari ledakan gunung api itu termasuk 10 besar danau terdalam di dunia. Nomor 2 terluas setelah Victoria Lake di Afrika. Tapi menjadi nomor 1 terbesar untuk  danau yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau erupsi sekitar 75.000 tahun silam.

Salah satu faktor yang bisa membuat kawasan Danau Toba lebih bagus adalah penanaman kembali pohon di bukit-bukit seputar danau. Presiden Jokowi pun mewanti-wanti agar jangan ada pembalakan liar dan perusakan hutan lagi.

Ia mendorong penanaman pohon di kawasan sekitar Danau Toba. “Menanam satu juta pohon harus hidup satu juta pohon juga,” kata mantan Gubernur DKI dan Walikota Solo itu saat melakukan penanaman pohon di Danau Toba.

Ketika pohon semakin lebat, semakin hijau, maka lebih banyak area penangkap air hujan, dan akhirya masuk ke danau juga untuk menambah debit danau.

Presiden Jokowi bahkan sempat menyeberang ke dermaga Tomok di Pulau Samosir. Sekitar 30 menit dengan kapal motor wisata Dosroha 2, Presiden Jokowi bersama Gubernur Sumut Erry Nuradi dan beberapa Menteri Kabinet Kerja, seperti Menpar Arief Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya, serta anggota DPR RI Maruarar Sirait dan anggota DPD RI Parlindungan Purba itu menuju Pulau Samosir yang luasnya setara dengan Singapura.

BALIGE – Dua hari pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Balige dan Parapat cukup membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News