Mau Bercengkrama Dengan Hiu Paus? Ke Gorontalo Aja

Mau Bercengkrama Dengan Hiu Paus? Ke Gorontalo Aja
Ilustrasi. Foto: Kemenpar

jpnn.com - GORONTALO - Datanglah ke Provinsi Gorontalo. Ada fenomena menarik di sana.

Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, Pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo mendadak beken di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Sebabnya, tak lain lantaran keberadaan hiu paus (Rhincodon typus) yang menetap di pantai tersebut.

Kampung Butubarani yang dulu sepi itu, dalam tiga tahun belakangan mendadak ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan dan berinteraksi dengan hiu paus atau whale shark dalam bahasa Inggris.

Spesies ikan terbesar itu adalah hiu pemakan plankton. Kebiasaan makannya dengan menyaring air laut seperti kebanyakan jenis paus lainnya.

"Setidaknya saya lihat ada tiga hiu paus berenang-renang di perairan di sekitar tempat ini," kata Zudan saat berkesempatan menyaksikan hewan langka itu, Selasa (15/11/2016).

Zudan bercerita, kemunculan hiu paus di pantai Botubarani dimulai sejak tiga tahun lalu seiring dengan beroperasinya pabrik udang vaname di Botubarani yang membuang limbahnya ke laut dan menjadi penarik hiu paus. Sebab limbah tersebut menyuburkan plankton yg menjadi salah satu makanan hiu paus.

"Wisata hiu paus sudah menjadi magnet pariwisata kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo. Kunjungan wisatawan pada lokasi hiu paus sekitar 52.000 pengunjung, baik dari lokal, nusantara maupun mancanegara," ujar Zudan.

GORONTALO - Datanglah ke Provinsi Gorontalo. Ada fenomena menarik di sana. Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, Pantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News