Bandara Gading Bakal Dimanfaatkan untuk Penerbangan Komersial

Bandara Gading Bakal Dimanfaatkan untuk Penerbangan Komersial
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan mempertimbangkan pengoperasian Bandara Gading, sebagai bandara komersial untuk mengembangkan pariwisata daerah Gunung Kidul.

"Bandara Gading telah dibangun, namun untuk melayani penerbangan komersial harus dievaluasi terlebih dahulu, terutama terkait dengan keselamatan dan keamanannya," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.   

Karena itu Kemenhub akan membicarakan dengan Pemda untuk membahas masalah tersebut.

Bandara Gading terletak di daerah Gunung Kidul yang memiliki landasan pacu sepanjang 900 meter. Menurut Budi, pengoperasian bandara tersebut bisa dikembangkan untuk penerbangan pribadi maupun pesawat jenis ATR.

"Diharapkan mampu mendukung pengembangan potensi pariwisata dan kemaritiman di Gunung Kidul. Gunung Kidul dengan potensi pariwisata alam dan budayanya membutuhkan dukungan transportasi," tutur dia.

Di mana transportasi berdampak langsung pada belanja wisata, di mana komponen biaya untuk transportasi bisa mencapai 30-40 persen dari keseluruhan biaya wisata.

Karena itu, diperlukan konektivitas transportasi untuk mendukung sektor pariwisata.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Perhubungan mempertimbangkan pengoperasian Bandara Gading, sebagai bandara komersial untuk mengembangkan pariwisata daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News