40 Kelurahan di Jakbar Siap E-KTP

40 Kelurahan di Jakbar Siap E-KTP
40 Kelurahan di Jakbar Siap E-KTP
SUKU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Sudin Dukcapil) Jakarta Barat kembali menggiatkan layanan e-KTP setelah Lebaran ini. Terbukti sudah 40 kelurahan dari 56 kelurahan di Jakarta Barat sudah siap melayani. Artinya, pemasangan perangkat e-KTP hingga online terus dikebut demi mengejar target 100 hari kerja. ”Alhamdulillah hingga Rabu kemarin jumlah kelurahan di Jakarta Barat yang sudah melayani e-KTP tercatat tertinggi dibandingkan dengan wilayah lainnya di DKI,” kata Kasudin Dukcapil Jakarta Barat Achmad Fauzi.

Dikatakan, pihaknya menerapkan sistem jemput bola demi terpasangnya peralatan e-KTP oleh pihak outsourcing. ”Kami selalu menelepon kapan dipasang. Kami juga selalu menemani petugas saat peng-install-an komputer e-KTP hingga malam agar benar-benar siap dipakai. Kami apresiasi pihak outsourcing bekerja profesional,” paparnya.       

Menurut Fauzi, dari 40 kelurahan tersebut akan melayani 10.946 warga wajib KTP. Layanan tersebut meliputi validasi biodata, tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan perekaman iris mata. Data tersebut secara otomatis langsung dikirim ke server Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Giliran tugas Kemendagri untuk mencetak dan mengirimkan kembali e-KTP yang sudah jadi ke Kelurahan dan diteruskan ke wajib KTP. ”Kapan KTP yang sudah jadi sampai ke tangan warga kami tidak dapat menentukan karena semuanya menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri, ” ujarnya.

Ditanya apa saat pendataan e-KTP, warga boleh mengulang saat diambil fotonya, Fauzi menegaskan, warga boleh mengulang hingga mendapatkan gambar yang terbaik. Dikatakan, petugas tidak terburu-buru untuk mendata warga agar akurat. Termasuk untuk memotret warga boleh diulang sebelum seluruh data akhirnya dikirim ke server Kemendagri. ”Ada waktu sekitar lima menit untuk setiap pendataan. Jadi tidak buru-buru kok,” ungkapnya. 

SUKU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Sudin Dukcapil) Jakarta Barat kembali menggiatkan layanan e-KTP setelah Lebaran ini. Terbukti sudah 40

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News