Ada Ondel-Ondel dan Jawara di TPS Pak JK

Ada Ondel-Ondel dan Jawara di TPS Pak JK
Suasana di TPS 03 Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tempat Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarganya bakal menggunakan hak pilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Foto: JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarganya akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. TPS itu terlihat didesain dengan nuansa Betawi.

TPS itu dihiasi ondel-ondel, pohon pisang, kursi dan meja kayu khas Betawi, hingga sepeda ontel. Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang bertugas di TPS 03 Kelurahan Pulo juga mengenakan baju batik dan berkopiah.

Dua penjaga memakai baju khas jawara Betawi lengkap dengan sabuk hijau yang lebar. Tapi, tentu saja mereka tidak memakai golok. Karena, TPS itu mendapatkan pengamanan ketat dari Paspampers.

"TPS ini memang sengaja ditonjolkan sebagai ikon di Jakarta Selatan. Dan kami mengambil tema Betawi," ujar Ketua KPPS Vicky Syarif yang ditemui di sela-sela pemungutan suara, Rabu pagi (19/4).

TPS yang berlokasi di tempat parkir Hotel Dharmawangsa itu itu mendapatkan dukungan dari warga dan manajemen hotel. Mereka menyediakan bunga yang mempercantik sepeda ontel. Termasuk pula menyewakan baju untuk penjaga.

Sedangkan sepeda ontel hasil meminjam dari pegawai Kelurahan Pulo. Kursi diambil dari kantor kelurahan.

"Ya, ini goyong royong. Kemarin (18/4) bikinnya seharian pagi sampai malam. bareng-bareng," ujar Ketua RW 02 Kelurahan Pulo Edi Nurcahyo.

Total daftar demilih tetap (DPT) di TPS tersebut 356 orang. Terdiri atas 177 laki-laki dan 179 perempuan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarganya akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News