Akselerasi Serap Gabah, Kementan Bersama Bulog dan TNI Gelar Rakorgab

Akselerasi Serap Gabah, Kementan Bersama Bulog dan TNI Gelar Rakorgab
Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen raya padi di Jawa Timur dan Percepatan Serap Gabah Petani (Sergab), Selasa (7/3/2017). Foto: Humas Kementan for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Swasembada beras telah tercapai pada 2016. Capaian tersebut tidak terlepas dari keterlibatan semua elemen, mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Kerja keras dan kerja sama yang terbangun oleh berbagai pihak telah membuahkan hasil tahun lalu. Petani sebagai pelaksana langsung tentunya menjadi salah satu sosok penting di balik sukses tersebut.

Selain itu pemerintah melalui Kementerian Pertanian menjalankan perannya untuk selalu hadir bersama rakyat. Program-program yang dijalankan untuk mendukung petani telah dijalankan selama ini seperti penyediaan bibit, alat mesin pertanian, pupuk dan lain-lain.

Ditambah lagi, pemerintah turut hadir dalam pelaksanaan menjaga kestabilan harga beras dengan melakukan penyerapan gabah yang ada di tingkat petani oleh Bulog dan dibantu juga oleh TNI AD.

Memasuki musim panen pada Juli 2017, Kementerian Pertanian tidak menyia-nyikan momen tersebut untuk melakukan gabah di tingkat petani. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian melaksanakan Rapat Koordinasi Gabungan Evaluasi dan Percepatan Serap Gabah Petani Tahun 2017, di Gedung Oryza Kantor Pusat Bulog, Rabu (19/7).

Agung Hendriadi yang baru dilantik sehari sebelumnya menjadi Kepala Badan Ketahanan Pangan membuka Rakorgab yang dihadiri dari pihak Bulog, Dinas Pertanian Provinsi, Badan Ketahanan Pangan Provinsi, serta TNI AD.

Dalam sambutannya, Agung menyampaikan rakorgab kali ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan serap gabah yang telah berlangsung di tahun 2017 (Januari-Juni), serta langkah yang akan dilakukan selanjutnya untuk pencapaian target di sisa 2017.

“Berdasarkan target serapan gabah petani Bulog (2017) sebesar 3.737.019 ton setara beras, terealisasi sampai dengan 16 Juli 2017 sebesar 2.758.914 ton setara gabah atau 1.379.457 ton setara beras," katanya.

Swasembada beras telah tercapai pada 2016. Capaian tersebut tidak terlepas dari keterlibatan semua elemen, mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News