Aman, Dijamin tak Ada Kelangkaan Bus Saat Arus Balik

Aman, Dijamin tak Ada Kelangkaan Bus Saat Arus Balik
Penumpang di terminal bus. Ilustrasi. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan tidak akan ada kelangkaan armada bus pada saat arus balik lebaran.

Meski Kemenhub melarang kendaraan yang tidak laik jalan untuk beroperasi, jumlah bus yang mengajukan perizinan baru selalu bertambah.

“Trayeknya berbanding terbalik, jumlah penumpang bus umum dari tahun ke tahun menurun sementara kesiapan armada yang mengurus izin baru selalu bertambah, jadi walaupun 25-30 persen tidak beroperasi, tidak akan terjadi kelangkaan karena armada yang melayani saat ini sudah cukup banyak,” ujar Sugihardjo.

Sebulan sebelum Ramadan, Kemenhub sudah melakukan ramp check armada bus. Saat itu masih ditemukan 40 persen bus yang tidak laik jalan. Kemenhub memberikan waktu bagi Perusahaan Otobus untuk memperbaiki seluruh armadanya.

Sayangnya, meski sudah diberikan waktu perbaikan, masih ditemukan 25-30 persen bus yang tidak laik jalan.

"Karena itu, Menteri Perhubungan melarang bus yang tidak laik jalan untuk beroperasi," jelas Sugihardjo dalam siaran persnya, Jumat (30/6).(chi/jpnn)

 


Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan tidak akan ada kelangkaan armada bus pada saat arus balik lebaran.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News