Produk UMKM Binaan Pertamina jadi Incaran Pemudik Saat Libur Lebaran

Produk UMKM Binaan Pertamina jadi Incaran Pemudik Saat Libur Lebaran
Produk UMKM binaan Pertamina diserbu para perantau sebagai pilihan buah tangan pada musim mudik Lebaran tahun ini. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Penjualan produk dari usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) mitra binaan Pertamina meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Produk UMKM binaan Pertamina diserbu para perantau sebagai pilihan buah tangan pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina mendukung UMKM untuk berproduksi lebih banyak dan meningkatkan kualitasnya dalam menyambut momen libur Idulfitri.

Pertamina juga memberikan pendampingan, berupa pelatihan dan berbagai fasilitas dalam mendukung pengembangan produk dari mulai legalitas usaha, sertifikasi usaha, digitalisasi hingga dukungan permodalan untuk para UMKM binaannya.

“Dukungan Pertamina ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus memperkuat kolaborasi yang saling menguntungkan dengan UMKM guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang lebih besar (SDGs)," tegas Fadjar.

Melalui proses kolaborasi yang berhasil, kata Fadjar, Pertamina berkontribusi pada peningkatan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).

Putra Abadi, salah satu UMKM binaan Pertamina mencatat peningkatan penjualan dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Hal ini semakin memperkuat posisinya sebagai pemain utama di pasar kopi lokal dan internasional setelah berhasil masuk ke pasar Australia melalui kedutaan Indonesia pada 2017.

Produk UMKM binaan Pertamina diserbu para perantau sebagai pilihan buah tangan pada musim mudik Lebaran tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News