Arief Yahya Paparkan Sukses Pariwisata Indonesia di Forum Dunia

Arief Yahya Paparkan Sukses Pariwisata Indonesia di Forum Dunia
Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan kunci sukses pariwisata Indonesia di forum internasional. Foto: Kemenpar

jpnn.com, BANGKOK - Forum World Travel & Tourism Council (WTTC) Global Summit di Bangkok, Thailand, menjadi panggung buat Wonderful Indonesia. Sekjen United National World Tourism Organization (UNWTO) Taleb Rifai yang memimpin ministerial dialogue, secara khusus meminta Menpar Arief Yahya untuk bertestimoni kisah sukses mengembangkan Wonderful Indonesia.

Menpar Arief pun memaparkan key success factors-nya di Hyatt Hotel Erawan, Bangkok, di hadapan para menteri pariwisata, dan private sector itu. Di hadapan private sector CEO's investment and partnerships for Sustainable Tourism Development itu, Mantan Dirut PT Telkom itu berkisah.

Dalam sesi WTTC-UNWTO Ministerial Dialogue, Selasa (25/4), Arief membeberkan pariwisata Indonesia terkini. Menurutnya, peran CEO Commitment atau keberpihakan Presiden Joko Widodo untuk sektor pariwisata itu paling penting.

"Apalagi Presiden Joko Widodo telah menempatkan pariwisata sebagai leading sector pembangunan. Maka seluruh kementerian dan lembaga mendukung pengembangan infrastruktur pariwisata, terutama di sepuluh destinasi yang biasa kami sebut dengan istilah Sepuluh Bali Baru,” ujar Arief di forum itu.

Di forum yang dihadiri para chief executive officer (CEO) perusahaan investasi dan kemitraan untuk program pengembangan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism development (STD) itu, Arief sekaligus mengucapkan terima kasih kepada The World Bank.

"Tiga dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, yakni Danau Toba, Borobudur dan Mandalika, di-support pembiayaan infrastrukturnya oleh World Bank. Terima kasih World Bank," sebut Arief Yahya.

Menteri asli Banyuwangi ini pun membanggakan kepedulian Presiden Jokowi pada pariwisata. Sebab, Presiden Jokowi terus mendorong upaya untuk memoles destinasi wisata unggulan di Indonesia. Presiden sendiri yang meng-endors pariwisata sehingga menjadi sektor unggulan, selain infrastruktur, pangan, energi, dan maritim.

“Untungnya kami punya presiden yang peduli pada turisme. Presiden menempatkan turisme sebagai leading sector sehingga semuanya menjadi jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih baik,” kata Arief.

Forum World Travel & Tourism Council (WTTC) Global Summit di Bangkok, Thailand, menjadi panggung buat Wonderful Indonesia. Sekjen United National

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News