Enam Isu Ini Berpotensi jadi Senjata Gerus Suara Jokowi di Pilpres 2019

Enam Isu Ini Berpotensi jadi Senjata Gerus Suara Jokowi di Pilpres 2019
Jokowi saat masa kampanye Pilpres 2014. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panggung politik saat pilpres tidak pernah lepas dari isu yang jika tidak dikelola dengan baik, dapat menjatuhkan elektabilitas pasangan capres-cawapres.

Sebuah isu tidak selalu terbentuk atas rekayasa pihak tertentu, yang sengaja dibangun untuk menjatuhkan lawan politik. Namun bisa juga terbangun dari kondisi dan kekhawatiran umum yang berkembang di tengah masyarakat.

Lantas apa saja isu yang kemungkinan dapat menjatuhkan elektabilitas Joko Widodo pada Pilpres 2019?

Pengamat politik dari Universitas Al Ahzar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin melihat setidaknya ada enam isu yang kemungkinan dapat berkembang.

1. Isu anti-Islam. Diperkirakan akan kembali muncul seperti yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Jika tidak dikelola dengan baik, dikhawatirkan dapat menggerus suara Jokowi nantinya.

2. Isu pro Tiongkok, dapat digunakan oleh lawan politik sebagai senjata. Apalagi sebelumnya banyak tenaga kerja asal Tiongkok masuk ke Indonesia.

3. Isu tuduhan terlibat PKI. Walaupun sudah berkali-kali dibantah, isu ini tetap bisa sangat merugikan jika Jokowi dan timnya tidak mampu mengantisipasi sebaik mungkin.

4. Utang negara yang membengkak. Isu ini perlu diantisipasi agar tidak menjadi liar, sehingga menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Panggung politik saat pilpres tidak pernah lepas dari isu yang jika tidak dikelola dengan baik, dapat menjatuhkan elektabilitas pasangan capres-cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News