Fahri Hamzah Banyak Belajar dari Korsel

Fahri Hamzah Banyak Belajar dari Korsel
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (tengah) memimpin delegasi DPR RI saat menghadiri The Meeting of the Speakers of the European Countries’ Parliament (MSEAP), 26-28 Juni 2017 di Seoul, Korea Selatan. Foo: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Di sela-sela kunjungan kerja ke Korea Selatan dalam rangka menghadiri 2nd Meeting of Speaker of Eurasian Countrie's Parliament, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengunjungi Transparansi Internasional Korea di Seoul.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperoleh masukan terkait pemberantasan korupsi di Korea Selatan.

Dalam pengantarnya, Fahri mengatakan Korea adalah salah satu negara yang sukses melakukan pemberantasan korupsi.

"Sekitar 2002 Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki angka korupsi yang tinggi. Namun, dalam waktu 7 tahun, Korea berhasil mengubah posisinya menjadi negara yang bebas dari korupsi. Ini yang ingin ketahui prosesnya," urai Fahri.

Fahri membandingkan kondisi tersebut dengan Indonesia, di mana telah berdiri Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tapi selama 15 tahun bekerja belum berhasil menjadikan Indonesia bebas dari korupsi.

Pada kunjungan tersebut, rombongan DPR RI disambut Han Beom You, ketua Tranparansi Internasional Republik Korea.

Fahri yang didampingi salah satu anggota BKSAP Nurhayati Monoarfa, tampak terkesan dengan kantor Tranparansi Internasional yang cukup sempit dan bersahaja.

"Transparansi Internasional inilah yang mengkordinir para aktivitas antikorupsi di Korea. Jadi sangat layak kita kunjungi untuk mengetahui bagaimana mereka menggerakkan civil society dalam memberantas korupsi", papar penggagas hak angket KPK ini.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Korea Selatan dalam rangka menghadiri 2nd Meeting of Speaker of Eurasian Countrie's Parliament, Wakil Ketua DPR Fahri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News