Gedung Terminal Perbatasan Antarnegara Memprihatinkan

Enam Tahun Dibangun Belum Beroperasi

Gedung Terminal Perbatasan Antarnegara Memprihatinkan
Gedung terminal Lintas Antar Batas Negara (LABN) di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi NTT yang berbatasan dengan Timor Leste, nampak ditumbuhi rumput liar. Foto: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com, KEFAMENANU - Gedung terminal Lintas Antar Batas Negara (LABN) yang dibangun pemerintah pusat melalui anggaran Kementerian Perhubungan di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur, kondisinya sangat memprihatinkan.

Sejumlah unit gedung megah yang sudah rampung dikerjakan nampak ditumbuhi rumput liar. Bahkan jadi lokasi berteduh kambing dan ternak lainnya serta menjadi lokasi muda-mudi setempat memadu kasih.

Pantauan Timor Express Jawa Pos Group), Rabu (28/6) gedung terminal tipe A yang dilengkapi bangunan utama, pelengkap dan fasilitas penunjang termasuk pagar keliling tidak lagi terawat. Bahkan, sebagian dinding gedung sudah terkelupas dan terlihat retak.

Bila tidak diperhatikan secepatnya tentunya gedung megah itu menjadi mubazir. Bangunan gedung terminal bertaraf internasional berlokasi di KM 9 Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU.

Rupanya gedung belum diserahterima dari rekanan karena masih menunggu pembukaan akses jalan yang jaraknya sekira 2 km dari jalan negara menuju lokasi terminal.

Meski demikian, sejumlah warga mengaku kesal. Sebab, gedung sudah lama dibangun tapi belum juga difungsikan.

Godifridus Elu, warga setempat menuturkan, gedung terminal sejak selesai dibangun tidak ada petugas penjaga. Gedung megah itu ditelantarkan begitu saja bahkan sudah dipenuhi rumput liar. Apalagi bangunan gedung jauh dari permukiman warga, sehingga kerap dimanfaatkan kaula muda untuk keluar masuk membawa pasangannya.

Dia mengaku kesal gedung terminal sudah lama dibangun, tapi belum juga difungsikan. Padahal, fasilitas gedung tentunya dibangun menghabiskan anggaran miliaran, tetapi hingga kini dibiarkan begitu saja dan tidak dirawat bangunannya.

Gedung terminal Lintas Antar Batas Negara (LABN) yang dibangun pemerintah pusat melalui anggaran Kementerian Perhubungan di Kefamenanu, Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News