Inggris vs Kosta Rika: Ujian Terakhir Buat Kapten Kane

Inggris vs Kosta Rika: Ujian Terakhir Buat Kapten Kane
Harry Kane (depan). Foto: AFP

jpnn.com, LEEDS - Duel uji coba jelang Piala Dunia 2018, antara Inggris vs Kosta Rika di Elland Road Leeds Jumat (8/6) dini hari, akan menjadi ujian buat Harry Kane.

Ya, setelah Wayne Rooney mengundurkan diri dari timnas Inggris tahun lalu, Jordan Henderson mendapat kepercayaan sebagai kapten. Nah, menjelang bergulirnya Piala Dunia 2018 ini, pelatih Inggris Gareth Southgate menunjuk Kane sebagai pemimpin baru.

Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane baru dipatenkan sebagai komandan Inggris di Rusia mendatang. Dengan dipercayanya pemain 24 tahun itu sebagai kapten, maka Kane mengekor daftar pemain depan yang jadi orang nomor satu tim seperti Rooney, Alan Shearer, atau Gary Lineker.

Ujian pertama Kane datang dini hari nanti dalam laga melawan Kosta Rika. Kane dalam wawancara dengan Sky Sports mengatakan rekan-rekannya tak perlu berkecil hati dengan kegagalan-kegagalan Inggris di masa lalu. Pada Piala Dunia 2014 Brasil lalu, Inggris keok di fase grup. Kemudian dua tahun lalu di Euro 2016.

“Hal terpenting yang harus diyakini oleh seluruh skuat adalah adanya perbedaan hasil yang akan dicapai pada turnamen kali ini. Memang hal itu sangat sulit karena dalam 50 tahun terakhir tim ini tak pernah memenangi satu trofi pun,” kata Kane.

Bisakah Kane membayar lunas kepercayaan yang diberikan Southgate kepadanya? Dalam empat uji coba internasional terakhir Inggris ketika Kane tak bermain Inggris tiga kali seri.

Yakni dua kali hasil imbang tanpa gol ketika lawan Jerman (10/11) dan Brasil (14/11). Kemudian ketika lawan Italia (27/3) Inggris bermain imbang 1-1.

Statistik Inggris ketika Kane menjadi kapten, yakni lima pertandingan, tiga diantaranya menang, kemudian sekali seri, dan sekali kalah. Hebatnya lagi ketika mengenakan ban kapten, Kane selalu mencetak gol.

Duel Inggris vs Kosta Rika akan menjadi ujian kepantasan Harry Kane menjadi kapten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News