Ini Dampak Negatif Pembatalan Reklamasi Teluk Jakarta

Ini Dampak Negatif Pembatalan Reklamasi Teluk Jakarta
Teluk Jakarta. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pakar dari Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) Hernawan Mahfudz mengatakan, penghentian proyek reklamasi akan berdampak sangat buruk bagi pembangunan di DKI Jakarta.

Pasalnya, Jakarta akan kehilangan potensi kawasan baru yang sangat dibutuhkan untuk pemerataan pembangunan serta penduduk.

"Kedua, lapangan kerja yang seharusnya ada menjadi tidak ada," kata dia saat dihubungi wartawan, Rabu (7/6).

Berdasarkan data Badan Pembangunan Daerah DKI Jakarta, proyek reklamasi akan mampu menyerap hingga 1,2 juta tenaga kerja. Karena itu, sangat disayangkan jika proyek tersebut dihentikan tanpa alasan yang benar-benar kuat.

"Jangan sampai hanya ingin diberhentikan saja tanpa memikirkan kepentingan-kepentingan lain. Jadi harus dipikirkan secara komprehensif," ujar Hernawan.

Permasalahan yang ketiga, pemerintah daerah akan kehilangan pemasukan untuk membeli pompa-pompa banjir. Untuk mengatasi banjir di ibu kota, tidak cukup dengan membangun tanggul-tanggul.

"Biaya pembelian pompa untuk menanggulangi banjir Jakarta harus diambil alih sama pemerintah daerah. Pembelian pompa butuh biaya besar," kata Hernawan.

Saat ini Jakarta tetap membutuhkan pompa lantaran permukaan tanah di kawasan utara yang lebih rendah dari permukaan air laut. Berdasarkan sejumlah kajian, pemasangan pompa paling optimal di muara-muara sungai.

Pakar dari Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) Hernawan Mahfudz mengatakan, penghentian proyek reklamasi akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News