IPW Puji Sikap Tegas Kapolri untuk Mencopot Wakapolda Maluku

IPW Puji Sikap Tegas Kapolri untuk Mencopot Wakapolda Maluku
Jenderal Tito Karnavian. Foto: M. Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) memuji Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang sudah bertindak cepat dan tegas untuk mencopot Wakapolda Maluku Brigjen Hasanuddin yang diduga berkampanye mendukung calon gubernur Irjen (Purn) Murad Ismail di pemilihan gubernur Maluku 2018.

Menurut Neta, Kapolri mencopot Wakapolda Maluku dengan Telegram Rahasia Nomor: ST/1535/VI/Kep/2018 tanggal 20 Juni 2018 lalu menggantikannya dengan Dirtipikor Bareskrim Polri Brigjen Ahmad Wiyagus.

“Dalam TR itu Kapolri melakukan mutasi terhadap tujuh perwira tapi yang (diduga) terlibat kampanye hanya Brigjen Hasanuddin,” kata Neta dalam siaran persnya, Kamis (21/6).

IPW menyadari pemihakan Brigjen Hasanuddin terhadap Murad Ismail tak terlepas dari perkawanan mereka yang sama-sama Akademi Kepolisian (Akpol) 1985. Tapi, ujar Neta, ketika Hasanuddin membawa institusi kepolisian agar mendukung Murad ini jelas pelanggaran terhadap Undang-undang Polri.

"Dengan dicopotnya Brigjen Hasanuddin diharapkan jajaran Polri dapat menjaga sikap profesional dan independensinya dalam Pilkada 2018," paparnya.

IPW sudah membentuk tim untuk memantau netralitas polisi di Pilkada 2018. Sebab, cukup banyak laporan dari masyarakat tentang indikasi ketidaknetralan polisi menjelang pilkada 2018, terutama dari Sumut, Jabar, Kaltim, dan Maluku.

Meskipun di Sumut tidak ada polisi yang ikut pilgub tapi indikasi ketidaknetralan polisi terlihat oleh masyarakat.

"IPW sedang mengumpulkan bukti buktinya. IPW berharap komponen-komponen masyarakat ikut mengawasi polisi sehingga sikap profesionalisme dan netralitas Polri tetap terjaga dan Polri benar-benar bisa dipercaya masyarakat," katanya.

IPW memuji Kapolri yang sudah bertindak tegas mencopot Wakapolda Maluku Brigjen Hasanuddin yang diduga berkampanye dukung Cagub Irjen (Purn) Murad Hasanuddin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News