Jokowi Minta Malut Fokus Kembangkan Sektor Unggulan

Jokowi Minta Malut Fokus Kembangkan Sektor Unggulan
Presiden Jokowi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya fokus pembangunan setiap daerah di Tanah Air sesuai dengan keunggulan masing-masing.

Ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas evaluasi proyek strategis nasional dam program prioritas di Provinsi Maluku Utara (Malut), di Istana Negara, Selasa (28/2).

Jokowi, sapaan presiden memberikan contoh kawasan Sunnylands di California yang fokus pada pengembangan wisata golf hingga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Hal yang sama juga akan dilakukan di sejumlah provinsi di Indonesia, salah satunya Malut. Sebagai daerah kepulauan, provinsi yang terbentuk pada 1999 itu diyakini memiliki potensi untuk berkompetisi di tingkat regional maupun global.

"Saya melihat Maluku Utara memiliki potensi sektor unggulan yang bisa dioptimalkan lagi baik lautan, perikanan, maupun industri pengolahan serta sektor pariwisata," kata Jokowi.

Data juga menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi tahun 2016 di Malut berjalan dengan baik hingga mencapai angka 5,7 persen. Meski demikian, dukungan pemerintah pusat masih diperlukan untuk kemajuan ekonomi daerah itu.

Di antaranya pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Morotai yang disinggung presiden dalam rapat tersebut.

"Saya kira dukungan infrastruktur, baik pelabuhan, pembangkit listrik, gudang penyimpanan logistik serta cold storage ini diperlukan," tambah mantan gubernur DKI Jakarta.

 Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya fokus pembangunan setiap daerah di Tanah Air sesuai dengan keunggulan masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News