Kejar Kunjungan Turis Mancanegara ke Indonesia, PUTRI Kian Beraksi

Kejar Kunjungan Turis Mancanegara ke Indonesia, PUTRI Kian Beraksi
Ketua III DPP PUTRI, Putu Supadma Rudana (tengah) berpose bersama pengurus PUTRI Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Semiloka (Seminar Loka Karya) di JAkarta, Kamis. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) mulai mengembangkan eksistensinya guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Agar target 22 juta wisman dan 275 juta wisatawan nasional dapat tercapai pada 2019 nanti, PUTRI pun menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Semiloka (Seminar Loka Karya).

Ketua III DPP PUTRI, Putu Supadma Rudana mengatakan, PUTRI merupakan wadah perjuangan kepentingan bersama para pengelola usaha taman rekreasi di Indonesia. Peran PUTRI yang didirikan sejak November 1977 adalah memajukan dan mengembangkan industri kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Peran PUTRI sebetulnya menciptakan destinasi yang niatnya tidak hanya memberikan kontribusi besar kepada wisatawan tetapi juga memberikan kontribusi kesejahteraan bagi masyarakat, memberikan support kepada masyarakat untuk terus terlibat di bidang kepariwisataan," ungkap Putu di Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Gagasan dibentuknya PUTRI adalah untuk memberikan inspirasi dan kontribusi kepada wisatawan agar dapat merasakan jiwa dari tempat pariwasata tersebut. PUTRI didirikan oleh para pemilik tempat rekreasi dan berada langsung di bawah Kementerian Pariwisata.

"Agar bisa jembatan bagi pemerintah, bagi masyarakat dan bagi pengusaha anggota PUTRI untuk memajukan bersama pariwasata Indonesia. Karena devisa kita ke depan yang paling besar adalah di sektor jasa. Dan jasa ini harus mempunyai nilai," sebutnya.

Putu memberi contoh mengenai tempat rekreasi Monkey Forest yang ada di Bali. Keterlibatan masyarakat menjadikan lingkungan di sekitar Monkey Forest sebagai desa wisata yang dikelola dengan baik.

"Desa wisata ini harus didukung terus oleh kementerian pariwisata untuk terus melakukan promosi kepada destinasi-destinasi ini dan Komisi X DPR RI yang mempunyai program anggaran untuk memberikan dukungan agar menjadi lebih baik dan berkembang," tutur Putu.

Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) mulai mengembangkan eksistensinya guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News